Ternyata Ini Arti Kata Android, Sistem Operasi Sejuta Umat

Ternyata Ini Arti Kata Android, Sistem Operasi Sejuta Umat

ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Arti Kata Android, Sistem Operasi Sejuta Umat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 03 Nov 2022 22:24 WIB
SAN FRANCISCO, CA - MAY 15:  Attendees visit the Android booth during the Google I/O developers conference at the Moscone Center on May 15, 2013 in San Francisco, California. Thousands are expected to attend the 2013 Google I/O developers conference that runs through May 17. At the close of the markets today Google shares were at all-time record high at $916 a share, up 3.3 percent.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Arti kata Android. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Sejak debut tahun 2008, sistem operasi Android melesat hingga menjadikannya OS yang paling banyak digunakan di dunia. Akan tetapi, sebenarnya apa arti kata Android atau asal usulnya?

Android sebelum dibeli Google, pada awalnya adalah startup yang didirikan tahun 2003 oleh Andy Rubin dan rekan-rekannya. Andy Rubin adalah mantan pegawai Apple yang kemudian ingin mengadu nasib dengan mendirikan perusahaan sendiri.

Pada awalnya, Android dirancang sebagai sistem operasi untuk kamera digital. Di kemudian hari, mereka merasa Android lebih berpotensi menjadi pesaing Windows Mobile atau Symbian yang jaya kala itu, sehingga akhirnya jadi OS untuk ponsel.

Andy Rubin sempat mendekati HTC dan Samsung untuk mendukung Android, tapi gagal. Hingga akhirnya Google membeli Android Inc senilai USD 50 juta di tahun 2005.

Nah mengenai namanya, Android sebenarnya sudah lama ada sebagai julukan untuk robot berbentuk seperti manusia. Bahkan kata Android ini sudah digunakan sejak tahun 1700-an untuk menamakan perangkat mekanik yang mirip manusia.

Mengenai asal usulnya, akar katanya adalah dari bahasa Yunani. Andr artinya adalah manusia dan oid berarti seperti. Jadi jika digabung artinya adalah seperti manusia.

Nah, Android sebagai nama OS sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan OS-nya sendiri. Seperti dikutip detikINET dari Howtogeek, pada saat Andy Rubin bekerja di Apple dari tahun 1989 sampai 1992, dia dijuluki sebagai Android.

Itu karena Andy dikenal sangat menyukai dunia robotika. Bahkan Andy pernah punya website pribadi bernama Android.com. Maka saat mendirikan startup, namanya pun adalah Android. Jadi begitulah arti kata Android. Adapun Andy Rubin sendiri saat ini sudah tidak bekerja di Google.



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT