Bikin Ngilu, Begini Proses Bersih-bersih GPU Bekas Mining

Bikin Ngilu, Begini Proses Bersih-bersih GPU Bekas Mining

ADVERTISEMENT

Bikin Ngilu, Begini Proses Bersih-bersih GPU Bekas Mining

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 15:15 WIB
Ilustrasi tambang kripto
Ilustrasi penambang kripto. Foto: Dok. All Time Mining
Jakarta -

Perubahan "The Merge" yang dilakukan untuk Ethereum membuat kartu grafis atau GPU menjadi tak menguntungkan lagi untuk menambang kripto.

Dalam video yang diposting @I_Leak_VN, ditunjukkan penambang kripto yang diduga sedang membersihkan deretan kartu grafis mereka untuk kemudian dijual kembali. GPU ini dijual sebagai dampak dari "The Merge" yang membuat penambangan kripto dengan GPU tak lagi menguntungkan.

Namun yang membuat ngilu adalah GPU itu dibersihkan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi, yang biasanya dipakai untuk mencuci mobil atau motor. Memang, GPU yang dipakai untuk menambang ini lazimnya sangat kotor, karena bekerja selama terus-menerus dalam hitungan tahun, sehingga tak sempat dibersihkan.

Dengan debu yang menumpuk dan banyaknya GPU yang perlu dibersihkan, tampaknya cara yang mudah untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan air bertekanan tinggi.

Dalam video tersebut terlihat setidaknya ada delapan GPU GeForce RTX dari Zotac yang disemprot menggunakan air bertekanan tinggi, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (26/9/2022).

"Sejumlah penambang asal Vietnam sedang membersihkan kartu grafis lamanya setelah ETH merge dengan memandikannya yang berisiko sangat tinggi. Ini benar-benar masa pembersihan sembari menunggu koin generasi ketiga yang bisa ditambang memakai GPU," tulis @I_Leak_VN.



Pemakaian air untuk membersihkan kartu grafis sebenarnya memang bisa dilakukan, namun jelas bukan menyemprotnya menggunakan air bertekanan tinggi. Ada beberapa metode lain yang tidak sesadis itu, misalnya mencelupkan kartu grafis ke dalam air dengan campuran beberapa bahan lain, dan kemudian menggunakan gelombang ultrasonik untuk membuat debu terlepas.

Sementara menggunakan air bertekanan tinggi berisiko merusak komponen-komponen berukuran kecil, dan membuatnya terlepas dari PCB. Kerusakan seperti ini yang bisa terlewatkan ketika dicek oleh calon pembelinya.

Hal inilah yang membuat @I_Leak_VN menyarankan orang untuk sangat berhati-hati saat membeli kartu grafis bekas, karena tentu ada kemungkinan kartu grafis yang dibeli itu pernah dibersihkan dengan sadis seperti video yang dipostingnya.



Simak Video "Bos Kripto Rusia Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Helikopter"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT