Baru Dirilis, iPhone 14 Series Sudah Bermasalah

ADVERTISEMENT

Baru Dirilis, iPhone 14 Series Sudah Bermasalah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 18 Sep 2022 09:57 WIB
Penjualan perdana iPhone 14
Baru Dirilis, iPhone 14 Series Sudah Bermasalah Foto: Getty Images
Jakarta -

iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max sudah dijual di beberapa negara mulai akhir pekan ini. Namun, tak lama kemudian, tiga ponsel terbaru dari Apple ini justru sudah bermasalah.

Dalam dokumen dukungan yang diunggah oleh Apple, iOS 16.0 memiliki masalah aktivasi. Masalah ini membuat aplikasi iMessage dan FaceTime tidak bisa berfungsi dengan benar saat iPhone 14 pertama kali diaktifkan.

Masalah yang diungkap Apple antara lain kesulitan menerima pesan iMessage atau panggilan FaceTime, muncul gelembung hijau alih-alih gelembung biru saat menghubungi pengguna iMessage lainnya, percakapan di Messages ditampilkan dalam dua utas yang berbeda, dan penerima melihat pesan yang dikirimkan pengguna datang dari akun yang salah.

Singkatnya, iOS 16.0 memiliki bug terkait set up perangkat terkait aktivasi perangkat dengan iMessage dan FaceTime. Tentu saja timing masalah ini tidak tepat mengingat hari ini konsumen sudah bisa membeli iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max dengan iOS 16.0.

Untungnya, perusahana yang bermarkasa di Cupertino, AS, ini sudah mengatasi dua masalah ini dengan update iOS 16.0.1. Update ini sudah diluncurkan sehari sebelum penjualan iPhone 14 dibuka, seperti dikutip dari 9to5Google, Minggu (18/9/2022).

Apple mengatakan masalah terkait iMessage dan FaceTime akan diperbaiki dengan memperbarui sistem operasi iPhone 14 ke iOS 16.0.1. Sebagai bagian dari proses set up perangkat baru, iPhone yang baru dibeli mungkin akan meminta pengguna untuk update sistem operasi terlebih dahulu sebelum masuk ke halaman utama.

Jika pengingat ini tidak langsung muncul saat set up perangkat baru, pengguna bisa memperbarui sistem operasi iPhone 14 dengan membuka Settings > General > Software Update.

Jika masih mengalami masalah dengan iMessage dan FaceTime setelah update iOS 16.0.1, pengguna mungkin harus mengotak-atik pengaturan iMessage. Apple menyarankan untuk cek Settings > Cellular dan pastikan iPhone terhubung dengan jaringan.

Setelah itu buka Settings > Messages > Send & Receive. Ketuk nomor telepon yang kalian gunakan untuk iMessage. Setelah itu buka Settings > FaceTime dan ketuk nomor telepon yang digunakan untuk FaceTime. Langkah-langkah tersebut seharusnya bisa me-reset proses aktivasi dan iPhone 14 yang baru dibeli bisa berfungsi dengan normal.



Simak Video "Meski Dinilai Mahal, iPhone 14 Pro Paling Banyak Dipesan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT