Rumor Microsoft Mau Rilis Windows 12, Kapan?

ADVERTISEMENT

Rumor Microsoft Mau Rilis Windows 12, Kapan?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 18 Jul 2022 10:15 WIB
Windows 11
Ilustrasi Windows 11 Foto: Microsoft
Jakarta -

Windows 11 baru saja diluncurkan secara publik pada tahun 2021. Tapi sepertinya Microsoft sedang menyiapkan update besar selanjutnya yang mungkin akan diberi nama Windows 12.

Rumor soal kedatangan Windows 12 ini datang dari laporan Windows Central yang mengatakan bahwa Microsoft kembali mengubah jadwal rilis update Windows. Kabarnya Microsoft akan kembali ke jadwal update tiap tiga tahun, yang artinya update besar Windows selanjutnya akan rilis pada tahun 2024.

Microsoft sebelumnya beralih dari siklus update tiap tiga tahun setelah merilis Windows 10 pada tahun 2015. Alih-alih merilis update besar tiap tiga tahun dengan peluncuran Windows baru, Microsoft memperbarui Windows 10 dua kali setahun dengan fitur baru.

Tapi jadwal update itu berubah setelah Microsoft merilis Windows 11 tahun lalu. Perusahaan besutan Bill Gates ini beralih ke siklus update satu tahun sekali untuk Windows 10 dan 11.

Kembali soal rumor Windows 12, saat ini belum banyak informasi yang diketahui tentang update tersebut. Windows 12, atau apapun namanya nanti, masih dalam tahap perencanaan dan engineering awal.

Jika rumor ini akurat, maka pengguna Windows masih harus menunggu dua tahun lagi untuk mencicipi Windows generasi baru. Tapi tidak perlu khawatir karena Microsoft masih tetap akan menyegarkan Windows 11 hingga beberapa tahun ke depan.

Walaupun janji awalnya Windows 11 akan diperbarui secara besar-besaran setiap tahun, Microsoft belakangan ini malah rajin merilis update fitur baru setelah siap. Update besar berikutnya, 22H2 atau Sun Valley 2, kabarnya akan dirilis pada bulan September atau Oktober.

Selain itu, Microsoft juga kabarnya akan membatalkan rencana update tahunan 23H2 pada tahun 2023. Update yang memiliki kode internal Sun Valley 3 ini akan dipecah dan dirilis tiap beberapa bulan sekali, hingga empat kali dalam setahun, seperti dikutip dari The Verge, Senin (18/7/2022).

Belum diketahui apakah perubahan jadwal update ini juga akan diterapkan untuk Windows 10. Karena adopsi Windows 11 masih terbilang kecil, mungkin saja Microsoft akan merilis fitur eksklusif untuk sistem operasi terbarunya sekaligus mendorong pengguna untuk mau upgrade.

Microsoft belum mengomentari rencana jadwal update Windows, begitu juga soal rumor Windows 12. Meski begitu, pada bulan Februari lalu Microsoft pernah mengatakan sedang mencari cara baru untuk merilis fitur baru untuk Windows.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT