Rekomendasi HP OPPO 5G di 2022, Salah Satunya Find X5 Pro 5G

ADVERTISEMENT

Rekomendasi HP OPPO 5G di 2022, Salah Satunya Find X5 Pro 5G

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 06 Jul 2022 16:52 WIB
OPPO Find X5 Pro 5G
Foto: Dok. OPPO
Jakarta -

Munculnya jaringan 5G di Indonesia, mendorong produsen-produsen ponsel untuk mengeluarkan produk HP yang sudah dibekali teknologi 5G. Salah satunya adalah OPPO yang sudah mengeluarkan beberapa HP 5G di pasar ponsel Indonesia.

Setidaknya ada beberapa ponsel 5G yang bisa menjadi rekomendasi Anda bila ingin mencari ponsel 5G dari produsen asal China ini, berikut di antaranya.

OPPO Reno7 Z 5G

Pertama yaitu generasi baru dari series Reno yaitu Reno7 Z 5G. Ponsel ini ditanamkan chipset Snapdragon 695 5G yang sudah mengusung fabrikasi 6nm. Dari segi efisiensi kinerja, chipset Snapdragon 695 5G dinilai bakal jauh lebih baik dengan performa yang lebih ngebut tetapi lebih irit daya.

Chipset ini dibekali CPU Kryo 660 octa-core yang terdiri dari Cortex-A78 2.2GHz sebagai core performa, dan Cortex-A55 1.8GHz sebagai core hemat daya. Kombinasi yang membuat performa CPU-nya 15 persen lebih kencang.

Selain itu, Snapdragon 695 5G juga didukung GPU Adreno 619 yang menawarkan peningkatan performa grafis hingga 30 persen dibanding pendahulunya. Snapdragon 695 telah dibekali modem 5G yang mendukung jaringan 5G pada band N1, N3, N40.

Kabar baiknya, OPPO telah melakukan pengujian dengan 3 operator penyelenggara 5G di Indonesia. Dengan latensi yang rendah serta kecepatan yang lebih tinggi, tentunya bermain game online di jaringan 5G akan memberi pengalaman yang berbeda.

OPPO Reno 7 Z 5G dilengkapi dengan tiga kamera berkonfigurasi kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera bokeh 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Kamera utamanya telah menggunakan sensor gambar Sony IMX686 yang mampu menghasilkan foto 108 MP dalam mode Extra HD.

Ponsel ini juga dibekali kamera makro yang dapat bekerja layaknya mikroskop. Di bagian depan, terdapat punch hole untuk kamera depan yang beresolusi 16 MP (f/2.4). OPPO Reno7 Z 5G dibekali dengan fitur Bokeh Flare Portrait yang mampu menghadirkan efek bokeh estetik.

OPPO Reno7 5G

Sama seperti adiknya, OPPO Reno7 Z 5G, OPPO Reno7 5G merupakan generasi baru dari series Reno. Tipe tertinggi dari series Reno7 ini dibekali dengan fitur dan juga inovasi mumpuni, sehingga cocok untuk jadi rekomendasi HP 5G di 2022.

Jeroannya, OPPO menanamkan prosesor 5G Mediatek Dimensity 900 5G yang memiliki kompatibilitas 5G pada frekuensi band N1, N3 dan N40. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8GB yang bisa diperluas hingga 5GB juga ROM 258 GB.

Performa tersebut disokong dengan baterai besar 4.500 mAh yang dilengkapi pengisian cepat 65W SUPERVOOC yang membuat smartphone dapat terisi hingga 100% hanya dalam waktu 31 menit. Urusan layar, Reno7 5G dibekali layar 6,4 inci AMOLED dengan refresh rate hingga 90 Hz.

OPPO Reno7 5G hadir dengan desain eye-catching menggunakan material penampang belakang yang dibuat melalui proses Laser Direct Imaging (LDI). Teknik LDI ini diterapkan untuk meniru jejak bintang dan menciptakan pola yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron.

OPPO Reno7 5G hadir dengan membawa keunggulan fitur portrait pada kamera selfie dan kamera utama serta pada fitur foto maupun perekaman video. OPPO Reno7 5G berhasil meniru hasil potret yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR kelas atas dengan lensa bukaan diafragma besar.

OPPO Find X5 Pro 5G

Terbaru, OPPO merilis smartphone 5G terbarunya yaitu OPPO Find X5 Pro 5G yang mengisi ceruk HP flagship. Find X5 Pro 5G bisa dibilang flagship dan premium salah satunya berkat chipsetnya yang bisa diandalkan.

Ponsel ini menggunakan chipset yang menyandang sebagai tercepat di dunia saat ini yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Mengacu dari AnTuTu Benchmark AI, chipset ini bertengger di posisi paling atas dengan skor 2.704.548.

Dari sisi performa, Snapdragon 8 Gen 1 dikembangkan dengan 4nm manufacturing process serta GPU Qualcomm Adreno, sehingga Snapdragon 8 Gen 1 memiliki peningkatan performa hingga 30% dan bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga 25%.

Selain performanya yang ngebut, kamera dari OPPO Find X5 Pro 5G juga tak kalah hebat. Kamera dari HP Flagship OPPO ini dikembangkan bersama Hasselblad dan menghasilkan chipset MariSilicon X yang hadir pada smartphone tersebut.

Teknologi MariSilicon X menggabungkan Neural Processing Unit (NPU), Image Signal Processor (ISP), dan multi-tier yang canggih sehingga memungkinkan pemrosesan RAW secara real time.

Dibangun di atas teknologi proses 6nm, membuat MariSilicon X mampu menghasilkan video malam AI 4K yang memukau. Selain itu, teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dengan rentang dinamis 20bit 120db yang luar biasa.

Chipset ini juga berperan penting untuk mengoptimalkan perekaman video dalam kondisi kurang cahaya dan mengaktifkan resolusi 4K Ultra Night Video yang terang serta tetap tajam.

Kerja sama OPPO dengan Hasselblad juga dihadirkan pada fitur Natural Colour Calibration yang dapat membuat foto terasa natural. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah sistem 5-axis stabilization yang memungkinkan untuk menangkap foto dan video jauh lebih stabil.

OPPO membekali 3 kamera belakang untuk Find X5 Pro 5G dengan konfigurasi kamera utama (wide) 50 MP f/1.7, kamera Ultra-wide 50MP f/2.2 dan lensa telephoto 13 MP f/2.4 dengan 2X optical zoom. Kedua kamera utamanya sudah memakai sensor Sony IMX766. Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 32MP sensor Sony IMX709.



Simak Video "Mengulik Kamera OPPO Find X5 Pro 5G Seperti Kamera Profesional!"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT