Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Jadi Jeroan OPPO Find X5 Pro 5G

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Jadi Jeroan OPPO Find X5 Pro 5G

ADVERTISEMENT

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Jadi Jeroan OPPO Find X5 Pro 5G

Atta Kharisma - detikInet
Sabtu, 02 Jul 2022 19:15 WIB
OPPO Find X5 Pro 5G
Foto: OPPO
Jakarta -

Kamera hasil kolaborasi dengan Hasselblad bukanlah satu-satunya yang menjadi keistimewaan dari OPPO Find X5 Pro 5G. HP flagship OPPO ini juga mengusung chipset berperforma tinggi, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Diketahui, Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset terkencang di dunia saat ini. Berdasarkan AnTuTu Benchmark AI, Snapdragon 8 Gen 1 menduduki peringkat pertama dengan skor 2.704.548. Performa ini bahkan mengungguli Snapdragon 888 yang menjadi jeroan OPPO Find X3 Pro 5G.

Lantas, apa saja sih keunggulan dari prosesor yang mentenagai HP flagship OPPO ini? Simak ulasan berikut ini.

1. Peningkatan Performa & Efisiensi Daya yang Signifikan

Snapdragon 8 Gen 1 dikembangkan dengan 4nm manufacturing process serta GPU Qualcomm Adreno terbaru. Kombinasi keduanya membuat chipset ini mengalami peningkatan performa hingga 30% serta mampu mengefisiensikan daya hingga 25%.

2. Teknologi AI yang Mutakhir

Fitur selanjutnya adalah AI Engine generasi ke-7 yang memungkinkan penggunaan ultra-advance AI beroperasi hingga 4 kali lebih cepat ketimbang Snapdragon 888.

Chipset ini juga dibekali prosesor Qualcomm Hexagon yang mengemas arsitektur fusi termasuk akselerator tensor berkemampuan 2 kali lebih cepat dan memori bersama 2 kali lebih besar, sehingga ponsel dapat bekerja dengan sangat responsif.

3. Dukungan Koneksi 5G

Menyambut era konektivitas 5G, Qualcomm menyematkan dukungan koneksi 5G pada Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor ini menggunakan Snapdragon X65 5G Modem-RF System generasi ke-4 yang mampu mendownload dengan kecepatan hingga 10Gb.

Snapdragon 8 Gen 1 juga membawa Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang mampu menggenjot kecepatan WiFi hingga 3,6Gbps melalui WiFi 6 dan 6E.

4. Kamera yang Lebih Profesional

Menjawab kebutuhan pencinta fotografi dan videografi, Qualcomm menyematkan Snapdragon Sight Technology mencakup ISP 18-bit pertama yang pernah dibuat untuk perangkat mobile. Fitur ini mampu diklaim mampu menangkap lebih dari 4000 kali lebih banyak data kamera dibanding generasi sebelumnya dalam hal rentang dinamis, warna hingga ketajaman sangat baik berkecepatan 3,2 gigapiksel per detik.

Untuk videografinya, chipset ini memungkinkan kamera merekam dengan kualitas HDR 8K dalam forma HDR10+ premium dan dimuat dalam lebih dari satu miliar warna. Hasil gambar video juga akan tampak lebih memukau berkat Bokeh Engine yang baru.

5. Kemampuan Gaming yang Andal

Didukung lebih dari 50 fitur Snapdragon Elite Gaming, Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menunjang aktivitas gaming, bahkan yang berat sekalipun. Snapdragon Elite Gaming yang disematkan dalam chipset ini menghadirkan respon yang sangat halus, tampilan HDR yang kaya warna dan berkualitas tinggi hingga performa tingkat desktop.

Fitur Variable Rate Shading Pro yang dihadirkan chipset ini memberikan kontrol yang lebih baik bagi pengembang game untuk menyempurnakan kinerja gamenya.



Simak Video "Mengulik Kamera OPPO Find X5 Pro 5G Seperti Kamera Profesional!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT