Mengenal Kamera Hasselblad yang Disematkan pada OPPO Find X5 Pro

Mengenal Kamera Hasselblad yang Disematkan pada OPPO Find X5 Pro

Mengenal Kamera Hasselblad yang Disematkan pada OPPO Find X5 Pro

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 19:31 WIB
OPPO Find X5 Pro 5G
Foto: OPPO
Jakarta - OPPO Find X5 Pro menjadi lini Find X pertama yang dikembangkan bersama dengan pabrikan kamera Hasselblad. Lalu apa keunggulan dan kelebihan dari kamera Hasselblad yang disematkan pada Find X5 Pro ini?

Dilansir dari laman resmi Hasselblad, kamera ini memiliki satu momen paling ikonik di luar angkasa yaitu ketika misi Apollo 11 berhasil mendaratkan Eagle di bulan pada 20 Juli 1969. Dalam perjalanan tersebut, Hasselblad Data Camera (HDC) perak dengan pelat Réseau, dilengkapi dengan lensa Zeiss Biogon 60mm ƒ/5.6, dipilih untuk mendokumentasikan permukaan bulan dan melekat pada dada Neil Armstrong.

Namun pada misi tersebut kamera yang digunakan harus ditinggal di bulan karena terlalu besar dan berat dan para astronot hanya membawa filmnya saja saat kembali ke bumi.

OPPO Find X5 Pro 5GOPPO Find X5 Pro 5G Foto: OPPO

Kamera Hasselblad pun kembali digunakan dalam misi ke bulan dengan pesawat luar angkasa Apollo 15 tahun 1971 dan berhasil dibawa kembali ke bumi. Kamera tersebut adalah Hasselblad 500 yang merupakan kamera yang diciptakan khusus untuk melakukan pemotretan citra permukaan bulan.

Kamera ini dianggap bersejarah karena setelah digunakan di bulan bisa dibawa kembali ke bumi. Dengan bisa dibawanya Hasselblad 500 kembali ke bumi juga membuat NASA bisa mendapatkan kembali contoh mineral langka yang ada di bulan yang melekat pada kamera tersebut.

Sejarah dan cerita menarik dari kamera Hasselblad itulah yang membuat OPPO merasa perlu untuk belajar dengan yang sudah berpengalaman. Sementara itu, Hasselblad dalam industri fotografi seperti raksasa berusia 81 tahun, dan juga telah menjadi tolok ukur industri.

OPPO dan Hasselblad dianggap memiliki filosofi warna yang serupa. Misalnya, Hasselblad memiliki HNCS yang merupakan solusi warna alami Hasselblad, sehingga menghasilkan pengalaman warna yang cukup alami dan otentik bagi pengguna.

OPPO Find X5 Pro 5GOPPO Find X5 Pro 5G Foto: OPPO

Setidaknya ada dua fitur utama yang bisa dimanfaatkan pengguna dari kolaborasi OPPO dengan Hasselblad. Pertama adalah mode XPAN, ciri khas produk Hasselblad yang memungkinkan pengguna mencoba mereproduksi pengalaman fotografi gaya Hasselblad.

Contohnya, memiliki antarmuka pengguna yang disesuaikan, dan mencoba untuk meniru seluruh pengalaman di kamera Hasselblad. Kedua, filter master Hasselblad yang merupakan hasil kerja sama dengan beberapa fotografer ahli Hasselblad.

Ditambah dengan chipset MariSilicon X, pengguna dapat memiliki kemampuan pemrosesan data yang lebih baik di domain RAW. Chipset ini membuat OPPO bisa menangani skenario video dengan cahaya rendah dan malam dengan lebih baik dan meningkatkan fitur HDR.

Selanjutnya, ada fitur stabilisasi untuk menghasilkan pengalaman yang cukup luar biasa bagi pengguna OPPO Find X5 Pro. Kolaborasi ini telah menghasilkan pengalaman pelanggan yang cukup termasuk solusi warna alami Hasselblad dan juga filter utama.

OPPO Find X5 Pro didesain dengan punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.4). Bagian belakangnya terdapat kamera utama (wide) 50 MP (f/1.7), bersanding dengan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 110,3'), serta kamera telefoto 13 MP (f/2.4) dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

OPPO Find X5 Pro 5GOPPO Find X5 Pro 5G Foto: OPPO

Kamera utama dan ultrawide tersebut sama-sama menggunakan sensor Sony IMX766. Kamera Find X5 Pro juga dibekali teknologi peredam goyangan Optical Image Stabilizer (OIS) 5-sumbu baru.

Pengambilan gambarnya juga sudah mendukung mode warna 10-bit, memungkinkan foto yang dihasilkan dengan data warna yang lebih banyak. Kameranya dilengkapi dengan fitur Hasselblad Natural Color Calibration dengan mengandalkan sensor warna 13-channel baru.

Nantikan kehadiran OPPO Find X5 Pro 5G di Indonesia. Perangkat canggih dari OPPO ini sudah bisa dipesan di Indonesia melalui mekanisme Blind Pre Order yang dapat dilakukan di OPPO Gallery, Erafone dan toko-toko smartphone yang menjual OPPO per 14 Mei hingga 1 Juni 2022.

Pemesanan melalui Blind Order juga akan mendapatkan penawaran eksklusif berupa proteksi selama 1 tahun, OPPO Care+ dan OPPO Enco X senilai total Rp 3.498.000. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut ini.

[Gambas:Youtube]



(ads/ads)