Pengguna iPhone Akan Bisa Buka Face ID Saat Pakai Masker

Pengguna iPhone Akan Bisa Buka Face ID Saat Pakai Masker

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 29 Jan 2022 08:46 WIB
Jakarta -

Apple sudah mulai menggulirkan iOS 15.4 beta pertama untuk developer. Update ini akan membawa banyak fitur baru, salah satunya opsi untuk membuka kunci iPhone dengan Face ID saat mengenakan masker.

Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna iPhone di awal pandemi karena mereka kesulitan membuka ponselnya saat memakai masker. Apalagi iPhone saat ini tidak memiliki Touch ID yang bisa menjadi opsi lain untuk membuka perangkat.

Apple mengatakan fitur ini akan mengenali bagian unik di sekitar mata untuk proses autentikasi. Jika pengguna memilih untuk mengaktifkan fitur ini, mereka harus memindai ulang wajahnya untuk Face ID.

Opsi ini bisa diakses lewat aplikasi Settings. Cari toggle 'Use Face ID with a Mask' untuk mengaktifkan atau mematikannya, dan ada fitur baru untuk 'Add Glasses' untuk membuat Face ID lebih akurat saat mengenakan masker dan kacamata.



Apple memperingatkan fitur ini tidak akan berfungsi jika pengguna mengenakan kacamata hitam. Fitur Face ID juga akan lebih akurat jika digunakan untuk mengenali seluruh bagian wajah, jadi akurasinya akan lebih rendah jika wajah ditutupi masker.

Selain untuk membuka iPhone, Face ID dengan masker juga bisa digunakan untuk mengautentikasi pembayaran Apple Pay. Fitur ini juga bisa digunakan untuk login dan password di aplikasi yang mendukung Face ID, seperti dikutip dari MacRumors, Sabtu (29/1/2022).

Sayangnya tidak semua pengguna iPhone bisa memanfaatkan fitur baru ini. Fitur baru ini hanya berfungsi untuk iPhone dan iPad baru seperti iPhone 12 dan iPhone 13, karena Apple beralasan fitur ini membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

Tapi pengguna iPhone 11, iPhone X, atau iPhone XS tidak perlu berkecil hati. Tahun lalu, Apple menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci iPhone dengan bantuan Apple Watch. Fitur itu merupakan bagian dari update iOS 14.5.

Bagi pengguna iPhone yang tidak memiliki Apple Watch, Apple juga menghadirkan fitur yang bisa mendeteksi jika pengguna sedang mengenakan masker dan iPhone akan langsung meminta memasukkan passcode untuk membuka kunci. Fitur ini digulirkan bersama iOS 13.5.

(vmp/fay)