iOS 15.3 Dirilis, Yuk Update Biar Aman

iOS 15.3 Dirilis, Yuk Update Biar Aman

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 27 Jan 2022 11:45 WIB
iOS 15.3
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Apple merilis pembaruan iOS 15.3 dan iPadOS 15.3, yang baru mereka rilis hari ini. Pembaruan ini seharusnya sudah tersedia di perangkat-perangkat yang masih mendukung iOS dan iPadOS 15.

Meski tak ada fitur baru, pembaruan ini punya ukuran yang cukup besar, yaitu 1,06GB untuk iPhone. Namun bukan berarti anda tak perlu melakukan pembaruan, karena Apple menambal celah yang bisa dieksploitasi di sistem operasi tersebut.

Celah pertama adalah celah terkait korupsi memori, yang disebut sering dieksploitasi. Lalu ada juga bug di implementasi WebKit untuk Safari. Dalam celah ini, situs-situs bisa menggunakan API JavaScript khusus untuk mengakses nama dari dari database lain dari situs yang diakses pada waktu bersamaan.

Atau dengan kata lain, situs yang dibuat khusus untuk keperluan ini bisa memata-matai situs lain yang sedang dibuka oleh pengguna iOS dan iPadOS menggunakan Safari.

Hal ini berbahaya karena beberapa situs menggunakan identifikasi khusus untuk pengguna dalam database mereka, yang membuat informasi pribadi bisa saja bocor lewat celah ini.

Berarti, jika tak memakai Safari dan hanya memakai Chrome tidak masalah, dong? Tidak juga. Apple memaksa browser pihak ketiga di iOS dan iPadOS untuk menggunakan engine rendering mereka, yang membuat celah tersebut juga berdampak pada pengguna Chrome.

Ada juga beberapa masalah keamanan lain yang diperbaiki Apple di iOS dan iPadOS 15.3 ini. Daftar lengkapnya bisa dilihat pada laman pembaruan sistem oeprasi tersebut.

Cara memperbarui iPhone dan iPad ke iOS dan iPadOS 15.3 ini mudah, cukup masuk ke menu Settings - General - Software Update.



Simak Video "Apple Bakal Produksi 220 Juta Unit iPhone di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)