Deretan Prosesor HP Terbaik untuk Game, Apa Saja?

Deretan Prosesor HP Terbaik untuk Game, Apa Saja?

Dea Duta Aulia - detikInet
Rabu, 29 Des 2021 13:15 WIB
Ilustrasi Prosesor Smartphone
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan mobile gaming seperti PUBG, Free Fire, dan Mobile Legends. Yaps, ketiga game itu memang terbukti menghadirkan keseruan yang luar biasa. Saking serunya, para pemain betah bermain game tersebut selama berjam-jam.

Tapi kalian tahu nggak sih? Ternyata agar game tersebut dapat berjalan lancar tanpa gangguan perlu didukung dengan prosesor jempolan seperti prosesor HP terbaik untuk game. Melalui prosesor ini, aktivitas game kalian akan 'anti ngelag' dan lebih stabil.

Nah, biar nggak pusing menentukan prosesor yang tepat. Berikut adalah rekomendasi prosesor HP terbaik untuk nge-game. Yuk simak!

1. Dimensity 1200

Prosesor ini merupakan chipset terbaik dengan fabrikasi 6 nm. Dimensity 1200 memiliki kemampuan yang hampir sama dengan prosesor kelas menengah ke atas dengan kinerja 22 persen dan hemat daya 25 persen.

Chipset dengan 8 core ini, juga terbagi dalam tiga cluster seperti ARM Cortex A78 dengan 2.6Ghz, ARM Cortex A78 dengan 3 GHz, dan ARM Cortex A55 yang berkecepatan 2 GHz.

Tak hanya itu, kesempurnaan chipset ini terjadi karena , komputasi yang tinggi dan fitur kamera AI membuat prosesor ini unggul di kelasnya. Dukungan Bluetooth 5.2, memungkinkan chipset ini streaming nirkabel dengan leluasa.

2. Dimensity 1000

Chipset ini juga cocok untuk digunakan oleh para gamer. Sebab kualitas dari chipset ini sangat jempolan karena memiliki dua cluster dan 8 core. Serta dapat mendukung RAM hingga 16GB dan 20 persen lebih tinggi dari ARM Cortex-A76. ARM Cortex A77 dan Cortex A55 2 GHz serta CPU ARM Mali A77 yang digunakan dalam chipset ini, cukup untuk bermain game yang digunakan dalam Oppo Reno 3.

Penawaran throughout 4,7 GBps, membuat chipset ini tercepat dan pertama di dunia yang menggunakan GPU Arm Mali-G77 untuk bermain game dan streaming dalam kecepatan 5G.

3. Kirin 9000

Kirin 9000 memiliki performa yang kencang dan terbagi dalam tiga cluster karena dilengkapi dengan 8 core serta GPU Mali-G78 24 inti. Skor 6,261 dalam 3D Mark, menjadikan kirin 9000 sangat unggul. Performa GPU yang super cepat dan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) membuat kirin cocok jadi prosesor HP terbaik untuk game.

4. Exynos 990

Memiliki GPU 25 persen lebih baik dari saingannya Exynos 9825, 4 core tiga klaster membuat prosesor ini di bawah pesaingnya snapdragon 865. Exynos 990 juga dilengkapi dengan Arm Mali-G77 MP1 yang dapat menghadirkan grafis 3D terbaik saat bermain game berat seperti PUBG dan Free Fire.

5. A12 Bionic

Prosesor besutan HP ini memiliki memiliki clock speed hingga 2.5 GHz. Fabrikasi 7nm. Bahkan, prosesor ini telah digunakan di beberapa produk iPhone seperti Xr dan Xs Max.

Kehebatan dari prosesor ini tidak hanya sebatas itu saja, namun A12 Bionic mampu membuka segala jenis aplikasi tanpa lemot dan sangat mulus. A12 Bionic memiliki susunan transistor padat dibanding generasi sebelumnya. GPU Quad Core prosesor ini dirancang oleh Apple sehingga kinerjanya meningkat 50 persen dan mampu menjalankan semua game berat. Bionic juga pantas dinobatkan sebagai prosesor HP terbaik untuk game 2020.

Halaman Selanjutnya: Snapdragon 888 5G >>>