Hasil Benchmark Snapdragon 8 Gen 1 Keluar, Bisa Kalahkan Chip Apple?

ADVERTISEMENT

Hasil Benchmark Snapdragon 8 Gen 1 Keluar, Bisa Kalahkan Chip Apple?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Des 2021 06:59 WIB
Snapdrgaon 8 Gen 1
Hasil Benchmark Snapdragon 8 Gen 1 Keluar, Bisa Kalahkan Chip Apple? Foto: Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm baru saja merilis chipset Snapdragon 8 Gen 1 pekan lalu yang menjanjikan peningkatan performa CPU dan GPU masing-masing sebesar 20% dan 30%. Kini hasil benchmark awal Snapdragon 8 Gen 1 sudah bermunculan, apakah sesuai dengan klaim Qualcomm?

Hasil benchmark ini diunggah oleh laman Hot Hardware yang berhasil mendapatkan perangkat prototipe yang menjalankan Snapdragon 8 Gen 1. Perangkat ini juga dilengkapi dengan RAM LPDD5 8GB dan memori internal UFS 3.1 512GB.

Mereka menguji performa ponsel tersebut dengan menjalankan sejumlah aplikasi benchmark. Di beberapa tes, Snapdragon 8 Gen 1 terlihat unggul dari Apple A15 Bionic yang digunakan iPhone 13.

Mulai dari tes GPU, Hot Hardware menggunakan platform GFXBench T-Rex off-screen yang menunjukkan performa ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 bisa menampilkan 450 fps. Angka ini beda tipis dengan iPhone 13 Pro dengan nilai frame rate 451 fps, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (9/12/2021).

Selanjutnya mereka menggunakan GFXBench Manhattan off-screen ES 3.0. Hasil benchmark Snapdragon 8 Gen 1 menggunakan platform ini sangat mengesankan, bahkan berhasil mengalahkan iPhone 13 Pro dan memuncaki daftar.

Hot Hardware juga menjalankan beberapa benchmark terkait CPU menggunakan platform AnTuTu, PCMark, dan Geekbench. Dari uji coba menggunakan AnTuTu 8, Snapdragon 8 Gen 1 berhasil memuncaki daftar dengan skor 1.031.302, jauh mengungguli Smartphone for Snapdragon Insiders yang menggunakan Snapdragon 888.

Tapi saat diuji coba menggunakan PCMark for Android, Snapdragon 8 Gen 1 masih kalah dari Smartphone for Snapdragon Insiders dan Asus ROG Phone 5 yang sama-sama menggunakan Snapdragon 888.

Uji coba menggunakan Geekbench 5 menunjukkan ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 merupakan ponsel Android dengan performa paling tinggi. Tapi ponsel ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan iPhone 13 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Bahkan ponsel ini kalah dari iPhone 11 Pro, yang merupakan ponsel keluaran dua tahun lalu, di performa single-core. Tapi Snapdragon 8 Gen 1 masih menang di skor multi-core.

Perlu dicatat bahwa ponsel prototipe Snapdragon 8 Gen 1 ini kemungkinan tidak mencerminkan performa di dunia nyata. Jadi sembari menunggu ponsel pertama dengan Snapdragon 8 Gen 1 diluncurkan, sebaiknya jangan menelan informasi ini dengan mentah-mentah.



Simak Video "Ambisi Samsung dan Oppo Saingi Chipset Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT