5 HP yang Menyita Perhatian di 2021

ADVERTISEMENT

Year in Review 2021

5 HP yang Menyita Perhatian di 2021

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 28 Des 2021 20:45 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 3
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Tiap tahun, beragam gebrakan coba dilakukan para vendor handphone untuk memikat konsumen. Kadangkala upaya tersebut berhasil menarik perhatian.

Tidak saja jadi perbincangan hangat di media sosial, gebrakan yang dilakukan memberi dampak terkereknya angka penjualan.

Sepanjang 2021, detikINET mencatat ada 5 HP yang menyita perhatian ketika dirilis di Indonesia. Mungkin salah satunya mungkin yang kamu gunakan saat ini.

1. Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sebagai suksesor adalah hal wajar bila Galaxy Z Flip 3 membawa peningkatan. Tapi apa yang diberikan Samsung cukup menarik, mulai dari penyegaran desain, layar bagian depan yang lebih lapang dan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Tapi yang membuat banyak mata melirik ponsel ini ada dua poin. Pertama durabilitas, tidak seperti pendahulunya, Galaxy Z Flip 3 dibuat tahan air sehingga menghilangkan kekhawatiran penggunaan ponsel lipat di berbagai kondisi.

Kedua harganya yang makin terjangkau. Bila Galaxy Z Flip dilepas Rp 20 jutaan, sementara harga Galaxy Z Flip 3 Rp 15 juta. Jangan heran kalau ponsel ini begitu laku di pasaran.

2. Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5GPoco M3 Pro 5G Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Poco M3 Pro 5G menjadi HP 5G termurah saat ini. Harga versi RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol Rp 2,6 juta, sementara varian teratasnya dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB dilepas Rp 3 juta.

Pada peluncuran ini Poco juga berkolaborasi dengan Telkomsel yang merupakan operator pertama di Indonesia yang menghadirkan jaringan 5G. Berkat kolaborasi ini, pengguna Poco M3 Pro 5G bisa langsung memanfaatkan layanan atau kecepatan 5G Telkomsel tanpa perlu melakukan proses provisioning manual.

3. Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T ProXiaomi 11T Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Xiaomi 11T Pro menjadi HP dengan Snapdragon 888 termurah di Indonesia. Pun begitu sejumlah fitur yang dipunyainya cukup menarik.

HP ini membawa teknologi pengisian cepat 120W yang menjanjikan baterai penuh hanya dalam 17 menit. Layarnya punya 1 miliar warna, mendukung Dolby Vision dan refresh rate 120Hz.

Komposisi kameranya pun dapat diandalkan untuk mengabadikan momen di kondisi terang maupun minim cahaya.

Halaman selanjutnya: Samsung Galaxy A52s dan iPhone 13 Pro >>>

4. Samsung Galaxy A52s

HP tahan air selama ini hanya bisa ditemui di perangkat flagship. Namun Samsung berani memberikan fitur tersebut di Galaxy A52s yang merupakan HP midrange.

Tidak sampai di situ keunggulannya, Galaxy A52s menyajikan layar lapang 6,5 inch Full HD+ dengan panel Super AMOLED dan refresh rate 120Hz. Paling penting touch sampling rate 240Hz yang membuat layar dapat mendeteksi sentuhan dan gerakan jari lebih cepat.

Samsung memodali Galaxy A52s dengan chipset anyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 778G. Chipset ini dirancang untuk menghadirkan mobile gaming canggih dan Artificial Intelligence (AI) yang dipercepat untuk memberikan pengalaman bermain game yang lancar. Untuk mendongkrak performa handphone ini dilengkapi fitur RAM Plus.

Samsung Galaxy A52sSamsung Galaxy A52s Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

5. iPhone 13 Pro

Kendati secara desain tidak mengalami perubahan signifikan, iPhone 13 Pro tetap menyita perhatian di seluruh dunia. Saking tingginya peminat, penjualan iPhone 13 Pro resmi di iBox maupun Digimap laris manis.

iPhone 13 Pro mengusung refresh rate 120 Hz. Apple turut mendongkrak tingkat kecerahan menjadi 25% dari generasi sebelumnya.

Ukuran notch 20% lebih kecil dari sebelumnya. Tidak hanya itu raksasa teknologi asal Cupertino ini menyematkan sensor baru pada kameranya yang membuat hasil jepretan foto dan perekaman video terbaik.

Menariknya lagi, iPhone 13 Pro masuk Indonesia lebih cepat dari sebelumnya, dan harga resminya masih sama dengan iPhone 12 Pro yang dirilis tahun lalu.

iPhone 13 ProiPhone 13 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT