HP dengan Kamera Terbaik 2021 Adalah...

Year in Review 2021

HP dengan Kamera Terbaik 2021 Adalah...

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 28 Des 2021 09:15 WIB
Vivo X70 Pro
3 HP dengan kamera terbaik 2021 adalah... Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kamera masih menjadi aspek penting dalam membeli HP. Menariknya sepanjang 2021, para vendor saling berlomba menghadirkan kamera yang ciamik pada perangkat besutananya.

Dari semua perangkat yang dirilis tahun ini, ada tiga ponsel yang detikINET memiliki kamera terbaik. Para vendor telah melakukan peningkatan dari sisi hardware dan software.

Tidak saja karena hasil fotonya ciamik, kemampuan dalam perekaman video pun sangat baik. Berikut tiga HP dengan kamera terbaik 2021 yang dirilis resmi di Indonesia:

1. iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro dibekali kamera wide anyar yang punya sensor berukuran 1,9 mikron pixel dan aperture f/1.5. Apple mengklaim ini menjadi sensor terbesar yang pernah dipasang di iPhone.

Kamera wide pada iPhone 13 Pro menawarkan peningkatan besar pada pemotretan low light hingga 2,2x jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro, dan hampir 1,5x jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max. Sensor shift stabilization tersedia pada kedua model.

Kamera ultra-wide yang baru memiliki aperture f /1.8 yang jauh lebih lebar dan memiliki sistem auto fokus baru, menghadirkan peningkatan 92% untuk lingkungan dengan cahaya rendah, menghasilkan gambar yang lebih cerah dan lebih tajam.

iPhone 13 ProiPhone 13 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berkat desain lensa baru, membuat Apple untuk pertama kalinya memberikan fitur auto fokus pada kamera ultra-wide di iPhone. Tak sampai di situ daya tariknya, iPhone 13 Pro punya kemampuan memotret makro dengan jarak fokus minimal 2 cm.

Kemampuan makro diperluas hingga ke perekaman video Slo-mo dan Time-lapse. iPhone 13 Pro juga memiliki kamera telefoto baru dengan focal length 77 mm yang menawarkan 3x optical zoom untuk total 6x optical zoom pada sistem kamera.

Tersedia Cinematic Mode untuk merekam video orang, hewan peliharaan, dan objek dengan efek kedalaman yang indah dengan perubahan fokus otomatis dan merekam dalam Dolby Vision HDR. Apple turut memperkenalkan ProRes (1080p pada 30 fps untuk penyimpanan 128GB, 4K 30 fps pada model lain), codec video canggih yang digunakan secara luas sebagai format pengiriman akhir untuk iklan, film layar lebar, dan siaran, untuk menawarkan ketepatan warna yang lebih tinggi dan kompresi yang lebih sedikit.

2. Xiaomi Mi 11 Ultra

Mi 11 Ultra sempat menduduki posisi teratas di DxOMark sebelum digeser oleh Huawei P50 Pro. HP Xiaomi ini meraih skor keseluruhan 143.

Dalam ulasannya, DXOMark menyebut kekuatan utama Mi 11 Ultra ada pada sensornya yang besar. Ukuran sensor ISOCELL GN2 yang dipakai adalah 1/1,12", jauh lebih besar dari sensor 1/1,32" yang dipakai di Mi 11 Ultra.

Bahkan ukuran sensor ini hampir mendekati sensor yang dipakai di Sony RX100, kamera compact premium, yang seringkali didaulat jadi kamera compact terbaik. Tak cuma hasil foto yang mendapat pujian, kemampuan merekam video dan lensa zoom-nya pun mendapat skor bagus di DXOMark.

Xiaomi Mi 11 UltraXiaomi Mi 11 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Xiaomi menggunakan kamera telephoto 48 MP yang punya kemampuan zoom optic 5x dan zoom digital hingga 120x. Mi 11 Ultra turut dibekali kamera ultrawide 48 MP bersensor Sony IMX586 dengan sudut pandang 128 derajat.

Xiaomi turut memasang dToF dengan 64 titik di bagian kemera belakang Mi 11 Ultra. Selain itu tersemat fungsi OIS dan sensor flicker.

Salah satu yang menarik, Mi 11 Ultra punya kemampuan perekaman ultra slow motion 1..920 fps.



Simak Video "Keindahan iPhone 13 Pro Edisi Alpine Green"
[Gambas:Video 20detik]