5 Smartwatch Terbaik 2021

Year in Review 2021

5 Smartwatch Terbaik 2021

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 27 Des 2021 19:20 WIB
Amazfit T-Rex Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Smartwatch telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Terbukti, angka pengapalan jam tangan pintar di global mengalami peningkatan.

Menurut data dari Counterpoint, pengiriman smartwatch sepanjang Q3 2021 melonjak 16% bila dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di Indonesia sendiri pasar smartwatch cukup meriah. Ini ditandai dengan banyak jam tangan pintar anyar yang dirilis di Tanah Air sepanjang tahun ini.

Nah berikut 7 smartwatch terbaik 2021 yang dirilis di Indonesia:

1. Apple Watch 7

Apple Watch Series 7 resmi dirilisApple Watch Series 7 resmi dirilis Foto: Dok. Apple

Apple Watch 7 membawa pembaruan pada layarnya yang kini 20 persen lebih lapang dari generasi sebelumnya. Pinggiran layar dibuat membulat dan lebih lembut sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan.

Apple Watch baru memiliki sertifikasi IP6X untuk ketahanan terhadap debu, dan masih memiliki peringkat ketahanan air WR50 50 meter. Masa pakai baterainya 18 jam, tapi kini dilengkapi fast charging dengan 33% lebih cepat dari pendahulunya.

2. Galaxy Watch 4 Classic

Samsung Galaxy Watch 4Samsung Galaxy Watch 4 Classic Foto: dok Samsung

Galaxy Watch 4 Classic tidak menggunakan Tizen yang digunakan pada pendahulunya. Kini jam pintar besutan Samsung itu memakai WearOS dengan antar muka OneUI.

Galaxy Watch 4 Series terpasang Samsung Bio Active Sensor yang menggabungkan tiga sensor menjadi satu, yakni detak jantung, electrical heart sensor (ECG) dan Bioelectrical Impedance Analysis sensor (BIA). Selain itu memiliki Advanced Sleep Management yang memiliki kemampuan pendeteksi ngorok dan memantau oksigen dalam darah.

Galaxy Watch 4 series menjadi smartwatch pertama dapat menghitung komposisi tubuh manusia. Pengguna dapat melihat skeletal muscle, basal metabolic rate, body fat, BMI dan body water secara instan.

3. Huawei GT Runner

Samsung Galaxy Watch 4Huawei GT Runner Foto: dok Huawei

BHuawei Watch GT Runner terbuat dari bahan polymer yang diklaim tangguh dan ringan. Memiliki sertifikat IP68 membuat jam pintar ini bisa dipakai berenang hingga kedalaman 50 meter.

Huawei Watch GT Runner memiliki sensor detak jantung TruSeen 5.0+, saturasi oksigen darah (SpO2), pemantau tidur dan stres, serta memiliki lebih dari 100 mode olahraga.

Tapi yang membuat menarik ada Huawei TruSport yang membawa data dan saran untuk para pelari sehingga mencapai gol yang diinginkan. Tidak ketinggalan Huawei Watch GT Runner dibekali baterai 451mAh yang dapat bertahan hingga 14 hari.