Google: Chrome OS adalah Sistem Operasi dengan Pertumbuhan Tercepat

Google: Chrome OS adalah Sistem Operasi dengan Pertumbuhan Tercepat

ADVERTISEMENT

Google: Chrome OS adalah Sistem Operasi dengan Pertumbuhan Tercepat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 22 Des 2021 07:42 WIB
Chromebook Acer 2021
Ilustrasi Chromebook. Foto: Dok. Acer
Jakarta -

Google memamerkan pertumbuhan pengguna Chrome OS selama 2021, yang diklaim meningkat 92% dibanding pada 2020 lalu.

Menurut Google, pada Mei 2021 lalu, pertumbuhan Chrome OS mencapai 92% dibanding Mei 2020. Angka pertumbuhan ini menurut raksasa mesin pencari itu lima kali lebih cepat dibanding angka rata-rata di pasar PC.

Itulah yang membuat Google berani mengklaim kalau Chrome OS adalah sistem operasi yang pertumbuhannya paling cepat. Selain itu, Google pun melihat adanya peningkatan signifikan pada penggunaan aplikasi Android di Chrome OS, yang meningkat 50% secara year over year.

Sebagai tambahan informasi, Google juga pernah membagikan data pada Oktober 2019, di mana jumlah waktu yang dihabiskan pengguna Chrome OS di aplikasi Android saat itu tumbuh 4 kali lipat dibanding setahun sebelumnya.

"Pengguna menginginkan pengalaman yang ditawarkan aplikasi favorit di ponsel mereka pada perangkat dengan layar yang lebih besar," tulis Google, seperti dikutip detikINET dari 9to5Google.

Chrome OS versi 93 ke atas kini mendukung Android 11, yang menurut Google secara otomatis menjalankan aplikasi mobile untuk Android dalam orientasi ponsel (vertikal) ataupun tablet (horizontal). Pengguna juga bisa memilih untuk mengatur ulang ukuran jendela aplikasi, ataupun bisa 'mengunci' ukuran jendela tersebut agar tak bisa diubah.

Sementara untuk Chrome OS 96 ke atas kini juga mendukung Nearby Share, baik di Android 9 maupun 11. Google pun mengoptimasi Chrome OS untuk penggunaan stylus, yang dijanjikan punya latensi lebih rendah.

Google saat ini juga sedang menggeber penggunaan Android di perangkat dengan layar lebih besar, yang terlihat dari perilisan Android 12L, yaitu Android 12 yang tampilan antarmukanya dioptimasi untuk perangkat dengan layar besar.

Menurut Google saat ini ada lebih dari 250 juta perangkat Android dengan layar besar yang aktif di seluruh dunia.



Simak Video "Menperin Luncurkan Chromebook Produksi TSM Karya Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT