Lenovo Bikin Chromebook Mewah dengan Layar OLED

Lenovo Bikin Chromebook Mewah dengan Layar OLED

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 15:42 WIB
Lenovo Chromebook Duet 5
Lenovo Chromebook Duet 5. Foto: Dok. Lenovo
Jakarta -

Chromebook lazimnya adalah perangkat entry level yang dijual dengan harga murah dan spek secukupnya. Namun Lenovo punya pendekatan lain lewat Chromebook Duet 5.

Chromebook Duet 5, juga dikenal dengan nama IdeaPad Duet 5 Chromebook, adalah perangkat konvertibel, yaitu tablet dengan keyboard yang bisa dilepas-pasang, yang punya layar OLED 13,3 inch.

Perangkat ini merupakan penerus Chromebook Duet yang punya desain mirip namun ukuran layar 10,1 inch, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (8/9/2021).

Panel OLED ini punya cakupan color gamut DCI-P3 100%, dan dijanjikan punya pancaran sinar biru 70% lebih kecil dibanding panel LCD pada umumnya. Penggunaan layar OLED ini tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman hiburan yang hebat.

Biasanya panel OLED ini dipakai di perangkat yang harganya tinggi, namun Duet 5 sendiri dipasarkan dengan harga USD 429, relatif tinggi untuk perangkat Chromebook namun tetap lebih rendah dibanding laptop-laptop OLED pada umumnya.

Selain OLED, hal menarik lagi dari Duet 5 adalah penggunaan prosesor Snapdragon 7c Gen 2 dari Qualcomm yang baru dirilis pada Mei lalu. Chip ini sendiri sebenarnya didesain untuk laptop entry level, dan salah satunya dipakai di Samsung Galaxy Book Go yang harganya USD 349.

Performanya di platform Windows kabarnya relatif lambat, namun mungkin jika dipakai di Chrome OS, yang notabene lebih ringan ketimbang Windows, mungkin performanya akan lebih baik.

Lenovo Chromebook Duet 5Lenovo Chromebook Duet 5 Foto: Dok. Lenovo

Duet 5 ini merupakan bagian dari jajaran laptop dengan layar OLED lain yang baru dirilis oleh Lenovo di seri IdeaPad. Asus pun baru merilis jajaran laptop baru dengan layar OLED, baik itu di lini Zenbook maupun Vivobook yang lebih murah.

Ada satu laptop baru yang juga menarik dari Lenovo, yaitu IdeaPad Slim 7 Carbon -- juga dikenal dengan nama Yoga Slim 7 Carbon. Laptop ini diklaim sebagai laptop OLED 14 inch yang paling ringan, dengan bobot 2,37 pon atau 1,07 kg.

Panel OLED yang dipakai di laptop tersebut dibuat Samsung dengan resolusi QHD+. Layarnya punya rasio 16:10, yang punya ruang vertikal lebih besar ketimbang rasio 16:9.

Soal spek, laptop ini punya konfigurasi maksimal AMD Ryzen 7 5800U dengan Nvidia GeForce MX450, RAM 16GB,d an storage 1TB. Baterai 61Whr-nya dijanjikan bisa bertahan 14,5 jam.



Simak Video "Sederet Vendor Lokal Digaet Google untuk Produksi Laptop Chromebook"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)