Kurang Wow, iPhone 13 Lebih Pantas Dinamai iPhone 12S?

Kurang Wow, iPhone 13 Lebih Pantas Dinamai iPhone 12S?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 16 Sep 2021 17:31 WIB
iPhone 13 Pro
iPhone 13 Pro. Foto: Apple
Jakarta -

Apple menamai lini iPhone terbarunya dengan nama iPhone 13. Namun dengan berbagai fitur yang dibawahnya, mungkin iPhone 13 lebih pantas dinamai iPhone 12S.

Sampai dengan iPhone X, Apple sebenarnya masih menggunakan skema penamaan 'S' di produknya. Yaitu iPhone XS, yang merupakan penerus dari iPhone X dengan beberapa pembaruan kecil.

Jadi penggunaan angka baru sebagai nama biasanya dilakukan saat ada perubahan besar, yang kemudian dilanjutkan dengan pembaruan kecil (yang memakai nama 'S') namun dengan tampilan yang relatif sama. Contohnya? iPhone 3GS, 4S, 5S, 6S, dan XS.

Apple mulai mencoba skema penamaan ini saat mereka merilis iPhone 7 pada 2016. Namanya berubah dari iPhone 6S menjadi iPhone 7, meski ponsel tersebut menggunakan desain yang sangat mirip dengan 6S. Begitu juga dengan iPhone 8, yang mungkin lebih cocok dinamai 7S.

Terakhir mereka menggunakan huruf 'S' pada iPhone XS, dan tak lagi memakai skema tersebut, baik itu untuk pembaruan besar-besaran seperti di iPhone 12 ataupun pembaruan minor seperti iPhone 13.

Selain pembaruan yang minor di iPhone 13, apalagi yang membuat ponsel ini sebenarnya lebih cocok dinamai iPhone 12S? Jawabannya adalah kamera.

Hampir setiap iPhone seri 'S' punya peningkatan kamera yang signifikan. Sebut saja 4S yang jadi iPhone pertama dengan kamera 8MP, lalu 5S yang punya fitur video slow motion, 6S yang resolusi kameranya meningkat menjadi 12MP.

Di iPhone 13 sendiri peningkatan kameranya cukup signifikan. Karena iPhone 13 dan 13 Mini menggunakan sensor yang besarnya sama dengan iPhone 12 Pro Max. Bahkan lebih besar dari sensor di iPhone 12 Pro, namun dengan harga yang lebih murah.

detikers tertarik nggak beli iPhone 13?



Simak Video "Mengintip Kebolehan Kamera iPhone 13 Pro dan Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)