Perbandingan Galaxy Z Fold 3 dan Z Fold 2, Perlu Upgrade?

Perbandingan Galaxy Z Fold 3 dan Z Fold 2, Perlu Upgrade?

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 14 Agu 2021 10:30 WIB
galaxy z fold 3
Galaxy Z Fold 2 vs Fold 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Samsung Galaxy Z Fold 3 telah diresmikan secara global dan handphone layar lipat ini sudah bisa dipesan di Indonesia. Sebagai suksesor ada sejumlah peningkatan yang diberikan, tapi apakah pengguna Galaxy Z Fold 2 perlu upgrade?

detikINET coba membuat perbandingan antara Galaxy Z Fold 3 dengan Z Fold 2. Sehingga bisa jadi pertimbangan apakah perlu upgrade ke versi terbaru.

Ada beberapa aspek yang dibandingkan, mulai dari tampilan, performa hingga fitur barunya. Yuk mulai

Desain

galaxy z fold 3Galaxy Z Fold 2 dan 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tidak ada perbedaan signifikan desain Galaxy Z Fold 3 dan Fold 2. Tapi bila diamati seksama ada perubahan yang dilakukan Samsung pada ponsel layar lipatnya.

Frame pinggirannya dibuat flat, modul kameranya pun dibuat lebih ramping dari Fold 2. Samsung membuat bodi Fold 3 lebih rampung 1 mm dengan bobot lebih ringan 11 gram, sehingga lebih nyaman dibanding sebelumnya.

Meski lebih ringan, Fold 3 diklaim punya durabilitas yang lebih tangguh. Samsung mengatakan bodi ponsel ini menggunakan Armor Aluminum terbaru yang disebut-sebut terkuat yang pernah digunakan. Selain itu bagian luarnya dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Sistem engselnya pun mengalami peningkatan. Konon, sistem engsel telah diperketat dan ditingkatkan, bahannya lebih keras dan toleransinya lebih tinggi.

galaxy z fold 3galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun yang membuat Fold 3 punya keunggulan mutlak adalah ketahanan terhadap air. Dan ini akan menjadi jawaban bagi mereka yang masih ragu-ragu mengadopsi ponsel layar lipat karena ketahanannya terutama dari air.

Fold 3 hadir dengan lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Ada pilihan Phantom Black, Phantom Silver dan Phantom Green yang banyak diminati.

Layar

Samsung Galaxy Z Fold 2 hadir dengan layar 6,23 inch di bagian depan dengan resolusi 2260 x 816 pixel dan refresh rate 60Hz. Sementara layar utamanya berukuran 7,6 inci Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2208 x 1768 piksel, mendukung HDR10+ dan refresh rate 120Hz.

Ukuran layar Z Fold 3 masih sama, hanya Samsung melakukan peningkatan layar depan dengan menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120 Hz. Selain itu layar utamanya diberikan lapisan baru yang disebut-sebut lebih kuat 80%.

Karean itu pula Z Fold 3 menawarkan dukungan S Pen. Namun stylus ini tidak terpasang di body ponsel layaknya seri Note, pun begitu sensasinya masih sama seperti menulis di atas kertas sungguhan.

Galaxy z fold 3Galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamera

Tidak ada perbedaan ukuran serta komposisi dari kamera depan dan belakang. Tiga kamera di bagian belakang Fold 3 yang masing-masing berukuran 12 MP, sementara kamera depan 10 MP.

Samsung menurunkan kamera di layar utamanya, dari sebelumnya berukuran 10 MP menjadi 4 MP. Walau begitu Fold 3 membawa teknologi baru, yakni kamera di bawah layar.

Adanya teknologi ini membuat layar utama menjadi lebih bersih. Konten jadi lebih enak dinikmati tanpa terhalang punch hole kamera.

Selanjutnya Performa, Baterai dan Fitur