Hands-on Samsung Galaxy Z Fold 3 5G, Bawa Penyempurnaan yang Penting

Hands-on Samsung Galaxy Z Fold 3 5G, Bawa Penyempurnaan yang Penting

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 08:45 WIB
Jakarta -

Setelah serangkaian bocoran yang begitu banyak, Samsung akhirnya merilis Galaxy Z Fold 3 5G. Kendati informasi yang diberikan leaker tepat tak lantas mengurangi daya tarik handphone layar lipat ini, sebab penyempurnaan yang dibawa amat penting bagi pengguna.

Setidaknya itu kesan yang kami rasakan ketika mencoba Galaxy Z Fold 3 meski hanya sesaat saja. Terlihat betul Samsung mendengarkan keinginan dan harapan pengguna setianya.

Karenanya HP ini patut dimiliki tidak saja bagi pemilik Galaxy Z Fold 2, tapi juga pengguna setia Galaxy Note. Ada beberapa alasan yang terangkum dalam hands-on singkat Samsung Galaxy Z Fold 3 berikut ini.

1. Tahan Air

Tidak sedikit orang mencemooh Samsung karena Galaxy Z Fold 2 yang harganya menembus Rp 30 jutaan tapi tidak tahan air. Hal tersebut cukup dimaklumi, karena pengguna sudah membayar mahal handphone tersebut namun tetap was-was menggunakannya.

Untungnya Samsung berhasil membuat inovasi Galaxy Z Fold 3 tahan air. Patut diacungi jempol mengingat hanya butuh kurang dari setahun bagi tim riset menemukan solusi agar handphone ini bisa mengantongi sertifikat IPX8.

galaxy z fold 3galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

detikINET sempat menjajal mengguyur dengan air, Galaxy Z Fold 3 masih baik-baik saja. Tak puas sampai di situ, kami pun coba merendam untuk melihat ketahanannya dan hasilnya tidak ada kendala.

Dengan dibuat tahan air, pengguna Galaxy Z Fold bebas beraktivitas di mana pun. Bisa video call di kolam renang, atau streaming video sembari berendam di bathtub.

2. Makin Nyaman Digenggam

Meski hanya selisih beberapa milimeter dan gram dari pendahulunya, kami merasakan perbedaannya. Body Galaxy Z Fold 3 yang lebih ramping dan enteng bikin nyaman saat menggenggamnya.

galaxy z fold 3Galaxy Z Fold 2 vs Galaxy Z Fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Dimensi:Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold 3
Saat Ditutup159.2 x 128.2 x 6.9 mm158.2 x 128.1 x 6.4 mm
Saat Dibuka:159.2 x 68 x 13.8-16.8 mm158.2 x 67.1 x 14.4-16 mm
Berat:282 g271 g

Galaxy Z Fold 3 juga terasa lebih kokoh dari pendahulunya, kami sampai berani menutup dengan kuat handphone ini. Buka tutup layar utama pun makin enak dibanding Galaxy Z Fold 2. Semua itu menghilangkan rasa 'takut' saat menggunakan HP layar lipat.

3. S Pen

Galaxy z fold 3Galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Memang rasanya sayang jika layar yang begitu lapang hanya sekadar untuk multitasking saja, karena itu pengguna Galaxy Z Fold 2 berharap Samsung memberikan dukungan S Pen. Dan harapan tersebut dikabulkan di Galaxy Z Fold 3 ini.

Saat menggunakan S Pen di Galaxy Z Fold 3 begitu mengasikan seperti menulis di atas kertas sungguhan, baik membuat catatan atau membuat sketsa. Stylus ini juga bantu menavigasi.

Kami menyukai fitur yang mengkonversi tulisan tangan menjadi teks. Berpadu dengan Flex Mode, pengguna bisa melakukan video call group sembari menulis catatan langsung di Galaxy Z Fold 3.

galaxy z fold 3galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sedikit informasi demi menghadirkan dukungan S Pen, Samsung memberikan lapisan khusus pada layar Galaxy Z Fold 3. Sehingga durabilitasnya terjaga meski sering digunakan untuk menulis. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mengklaim ketangguhan layar utamanya 80% lebih kuat dari sebelumnya.

Samsung menghadirkan S Pen khusus untuk Galaxy Z Fold. Kami sendiri sempat menggunakan S Pen Pro yang dapat digunakan di Galaxy Z Fold 3 dan perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Note dan Tabs.

Selanjutnya Kamera di Bawah Layar

4. Kamera di bawah layar

Galaxy Z Fold 3 menjadi HP Samsung pertama yang mengadopsi kamera di bawah layar. Terkadang keberadaannya masih ketara oleh mata, walau begitu tersembunyinya kamera membuat layar lebih bersih di pandang.

Kendati hanya berukuran 4 MP, hasil jepretan kamera di bawah layar cukup jelas tanpa efek kabut.

galaxy z fold 3Kamera di bawah layar Galaxy Z Fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Galaxy Z Fold 3Hasil kamera di bawah layar Galaxy Z Fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

5. Fitur lain

Multitasking di Galaxy Z Fold 3 makin ditingkatkan. Selain masih bisa membuka tiga aplikasi secara bersandingan, Samsung menghadirkan task bar layaknya yang kita temui di komputer. Kehadirannya makin memudahkan untuk membuka aplikasi secara bersamaan.

Kualitas layar makin memanjakan mata berkat warna-warna yang disuguhkan, area lipatan pun tidak begitu ketara saat menikmati konten video. Sayangnya kami belum menguji speaker stereo yang punya dukungan Dolby Atmos.

Galaxy z fold 3Galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selain itu, kami belum sempat menguji kualitas kamera bagian belakang serta kinerja handphone ini yang ditenagai Snapdragon 888. Semua itu akan detikINET bahas di review Galaxy Z Fold 8, nantikan ya...

Saat ini Galaxy Z Fold 3 sudah bisa dipesan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 25 juta.

(afr/afr)