Chrome OS adalah Sistem Operasi Laptop Terpopuler Setelah Windows

Chrome OS adalah Sistem Operasi Laptop Terpopuler Setelah Windows

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 01 Agu 2021 22:40 WIB
Logo Chromebook
Foto: PCWorld
Jakarta -

Mungkin belum banyak yang mengenal Chrome OS, sistem operasi untuk Chromebook. Padahal, Chrome OS adalah sistem operasi laptop terpopuler kedua di dunia, hanya kalah dari Microsoft Windows.

Chrome OS ini lebih banyak dipakai dibanding macOS, sistem operasi yang dipakai Apple untuk perangkat Mac, baik MacBook, iMac, Mac Mini, dan Mac Pro. Market share Chrome OS pada Q4 2020 lalu hampir dua kali lipat lebih besar dibanding macOS.

Berdasarkan data IDC, sampai akhir 2020 lalu untuk perangkat desktop, laptop, dan workstation, penjualan perangkat dengan sistem operasi Chrome OS sudah menyalip penjualan perangkat macOS.

Sistem operasi buatan Google itu menyalip Apple pada Q2, yaitu dengan market share 10% berbanding 7,6%. Pertumbuhan itu terus terjadi sampai Q3 dan Q4, dengan selisih terbesar terjadi pada Q4 di mana Chrome OS punya market share 14,4% sementara macOS hanya 7,7%.

Penguasa kelas ini tentulah Microsoft dengan OS Windows-nya, meski market share Q1-nya menurun jika dibanding Q4. Yaitu 87,5% pada Q1, 81,7% pada Q2, 78,9% pada Q3, dan 76,7% pada Q4.

Hanya saja untuk kelas desktop, Chrome OS memang masih kalah dibanding macOS. Menurut StatCounter, di kelas desktop sampai Januari 2021, macOS masih unggul jauh dibanding Chrome OS, yaitu 16,91% berbanding 1,91%.

Wajar memang, tak banyak perangkat desktop yang menggunakan Chrome OS, dan lebih banyak perangkat laptop yang menggunakan sistem operasi berbasis browser Google Chrome ini.

Sebagai informasi, dibanding 2019, pertumbuhan market share Chrome OS di 2020 melesat empat kali lipat. Jadi apa yang membuat Chrome OS bisa menjadi sangat populer?

Popularitas Chromebook melesat, penjelasannya di halaman berikutnya