Apple M2 Bakal Hadir Duluan di MacBook Air

Apple M2 Bakal Hadir Duluan di MacBook Air

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 09 Jul 2021 06:25 WIB
Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.
Foto: Apple
Jakarta -

Setelah Apple M1 dipamerkan pada 2020 lalu banyak pengguna yang menunggu kehadiran M2 karena penasaran performa chip Apple Silicon penerusnya itu.

Menurut Dylan lewat akun Twitter @Dylandkt, M2 baru akan dirilis pada 2022, bersama dengan MacBook Air generasi baru. Sebelum M2 dirilis, Apple tampaknya bakal merilis M1X terlebih dahulu, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (9/7/2021).

M1X ini disebut bakal tersedia di MacBook Pro pada September mendatang. Varian ini tampaknya punya performa yang lebih tinggi karena dipakai di varian 'Pro' yang ditujukan untuk penggunaan yang lebih berat dibanding MacBook Air.

M1X ini dibuat dengan proses N5P milik TSMC, menggunakan pabrikasi 5nm sama seperti yang dipakai di M1. Arsitektur core-nya pun disebut bakal sama dengan M1, yaitu core Firestorm dan Icestorm, seperti yang ada di chip A14.

Menurut Dylan, M1X bakal dilengkapi CPU 10 core yang terbagi antara delapan core kencang dan dua core hemat daya. Berbeda dengan M1 yang punya empat core kencang dan empat core hemat daya.

Sementara GPU-nya akan meningkat jauh dibanding M1 yang punya 7 atau 8 core. Di M1X jumlah core GPU-nya mungkin akan berlipat ganda, atau bahkan lebih, yaitu empat kali lipat. Selain di MacBook Pro, M1X juga mungkin akan ada di Mac Mini baru.

Lalu soal M2, kemungkinan jumlah core-nya akan lebih sedikit namun menggunakan arsitektur dan node baru, yang mungkin akan mempunyai clock speed lebih kencang. Rumor ini sejalan dengan rumor sebelumnya yang menyebut Apple sudah memesan chip 3nm untuk tahun 2022 yang akan dipakai di iPad Pro.

Diasumsikan chip untuk iPad Pro ini akan sama dengan chip yang dipakai di MacBook Air, karena kedua produk ini sama-sama menggunakan pendingin pasif. Berbeda dengan varian MacBook Pro yang memakai pendingin aktif, yang mungkin dibutuhkan oleh M1X karena performanya -- diasumsikan -- lebih kencang.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)