Siap-siap! Google Ungkap Android 12 Sebentar Lagi

Siap-siap! Google Ungkap Android 12 Sebentar Lagi

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 07:15 WIB
Android
Foto: Reuters/Beck Diefenbach
Jakarta -

Google I/O tahun ini memang masih dilakukan secara virtual. Namun hal itu tidak menyurutkan antusiasme menantikan berbagai update dari pesta developer Android ini. Apalagi yang paling ditunggu kalau bukan Android 12?

Google mengonfirmasi bahwa Google I/O 2021 akan digelar pada 18-20 Mei. Hajatan tahunan ini akan berlangsung online dan gratis diikuti oleh siapa saja. Seperti biasanya, perkenalan Android terbaru akan menjadi bintang dari perhelatan ini.

Para developer akan dibuat bersemangat melihat preview berbagai fitur baru Android, API, versi beta, dan masih banyak lagi. Sebagian besar para fans Android akan sangat menyimak keynote yang memulai konferensi ini, karena di situlah Google biasanya menyoroti pengembangan yang dilakukannya pada versi terbaru Android.

Saat ini, dengan memasang Android 12 Developer Preview, para developer sudah bisa mencicipi Android rasa baru. Software versi beta biasanya menyertakan animasi dan transisi baru untuk notification shade, dan tampilannya cukup bagus.

Dikutip dari Tom's Guide, rumor lainnya juga mengatakan Android 12 kemungkinan akan menyertakan sistem bertema (theming system), sesuatu yang diinginkan para fans Android selama bertahun-tahun.

Pada dasarnya, theming system memungkinkan pengguna menerapkan palet warna preset ke sistem secara keseluruhan. Dan jika developer aplikasi mendukung fungsi ini, skema warna tersebut bisa diterapkan di aplikasi lain yang diinstal di perangkat dengan Android terbaru.

Perubahan besar lainnya di Android 12 antara lain termasuk mode satu tangan (one-handed mode) khusus yang dimasukkan ke dalam OS itu sendiri (selama ini si pembuat ponsel menerapkannya sendiri), rotasi otomatis berbasis pengenalan wajah, notifikasi yang lebih responsif, dan kemungkinan kembalinya fungsi ketuk dua kali (double tap) di bagian belakang ponsel.

Selain Android 12, Google juga diprediksi akan memperkenalkan Pixel 5a Pixel Buds A, dan update Chrome OS. Jadi, pastikan kalian tidak ketinggalan ya!



Simak Video "Cerita 3 Developer Mahasiswa Indonesia Hadiri Google I/O"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)