Nvidia Bikin RTX 3060 Tak Optimal untuk Menambang Ethereum

Nvidia Bikin RTX 3060 Tak Optimal untuk Menambang Ethereum

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 22:11 WIB
Nvidia RTX 3060
Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Nvidia mengurangi kemampuan RTX 3060 saat dipakai menambang mata uang kripto Ethereum, yang membuat kartu grafis tersebut tak lagi efisien untuk menambang.

'Fitur' ini bakal dihadirkan bersama driver baru yang dirilis bersamaan dengan RTX 3060, di mana Nvidia akan mengurangi hash rate untuk penambangan Ethereum sebanyak 50%, yang akan aktif saat software mendeteksi adanya aktivitas penambangan mata uang kripto.

"Kami mendesain GPU GeForce untuk gamer, dan gamer saat ini menuntut lebih. Sayangnya, GPU Nvidia bisa diprogram, dan pengguna terus menerus menemukan penggunaan baru (untuk GPU Nvidia), seperti simulasi cuaca, gene sequencing sampai deep learning dan robotik. Menambang mata uang kripto adalah salah satunya," ujar Matt Wuebbling, head of global marketing GeForce di Nvidia.

Tampaknya ini adalah salah satu cara Nvidia untuk mengatasi kelangkaan GPU akibat diborong oleh para penambang mata uang kripto. Sebagai gantinya, Nvidia akan menawarkan produk baru bernama Cryptocurrency Mining Processor (CMP) ke para penambang Ethereum.

Prosesor ini menurut Nvidia bakal menawarkan performa dan efisiensi terbaik untuk penambangan mata uang kripto. Namun memang tak bisa dipakai untuk mengolah grafis sama sekali, tak seperti GPU.

Produk CMP ini dipasikan tak akan berdampak pada ketersediaan stok GPU Nvidia untuk para gamer, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (19/2/2021).

CMP ini tak mempunyai input untuk display, jadi bisa dipasangkan ke perangkat penambang dengan lebih baik. Nvidia pun menyebut CMP punya peak core voltage dan frekuensi yang lebih rendah untuk meningkatkan performa penambangan Ethereum.

"Dengan CMP kami bisa membantu penambang membangun data center paling efisien dengan tetap menjaga (ketersediaan) GPU GeForce RTX untuk gamer," tambah Wuebbling.



Simak Video "Menteri Johnny Ungkap Pesan Jokowi soal Infrastruktur Digital RI"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)