Era 5G, Ponsel Makin Tidak Butuh Slot microSD

Era 5G, Ponsel Makin Tidak Butuh Slot microSD

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 19:35 WIB
Samsung Galaxy S21
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Saat Galaxy S21 series dirilis, ketidakhadiran slot microSD menjadi salah satu yang banyak ditanyakan oleh pengguna setia Samsung. Mereka khawatir bagaimana mem-backup data bila ponsel tidak menyertakan slot untuk memory card eksternal.

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, memory card sekarang sudah tidak terlalu banyak berguna di smartphone. Aplikasi-aplikasi dan datanya lebih banyak disimpan di internal lantaran terkait kecepatan loading.

Kebanyakan yang disimpan di dalam memory card eksternal adalah dokumen, foto dan video. Hanya saja dengan kemampuan kamera Galaxy S21 yang mampu merekam 8K, bakal sulit diikuti oleh kecepatan memory card.

"Kalau melihat data kecepatan internal storage UFS 3.1 yang didukung Galaxy S21, maka kecepatannya 10-20 kali lipat lebih cepat dari memory card. (Itu) hanya akan membuat memory card menjadi bottle neck yang bikin kinerja kencang smartphone menjadi terganggu karena kecepatan memory card sudah tidak dapat mengikutinya," jelas Lucky.

Ditambahkannya, sebenarnya kalau jaringan 5G sudah berjalan, kita makin tidak membutuhkan slot microSD. Karena menyimpan data lebih banyak di cloud.

"Kecepatan transfernya bisa menyamai atau mendekati kecepatan internal storage," ujarnya pria yang bermukim di Bandung ini.

Samsung Galaxy S21Trio Samsung Galaxy S21 series. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lantaran 5G belum tersedia di Indonesia, sementara ini kita bisa memanfaatkan port USB untuk bisa langsung dihubungkan dengan flashdisk atau portable SSD yang lebih cepat dari memory card.

"Karena sudah menggunakan USB-C 3.2, proses transfer baik dari dan ke smartphone bisa berlangsung dengan sangat cepat, tanpa memerlukan lagi komputer atau perangkat perantara," terang Lucky.

Untuk Apa 5G di Galaxy S21 Series?

Terkait 5G, banyak pula yang menanyakan untuk apa fitur tersebut dihadirkan toh jaringan penerus 4G ini belum tersedia di Indonesia.

Lucky membenarkan saat ini negara kita masih merencanakan penerapan 5G yang mungkin baru terealisasi akhir tahun 2021 atau malah tahun depan. Pun begitu dukungan jaringan seluler generasi kelima di smartphone flagship tetap akan berguna nantinya.

"Smartphone flagship umumnya durasi penggunaannya lama, rata-rata 2-3 tahun. Jadi ketika 5G tersedia di Indonesia, Galaxy S21 series sudah siap," kata pria yang kerap disapa Kang Lucky itu.