5 HP Premium Terbaik 2020

5 HP Premium Terbaik 2020

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 26 Des 2020 17:10 WIB
Galaxy Z Fold 2
HP Premium Terbaik 2020 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pasar ponsel Indonesia turut diwarnai dengan hadirnya sejumlah handphone (HP) premium tahun ini. HP Premium di sini adalah perangkat yang dijual seharga di atas Rp 15 juta.

Dari semua yang dirilis tahun ini, berikut 5 HP premium terbaik 2020.

1. Samsung Galaxy Z Fold 2

Tidak saja HP premium, Galaxy Z Fold 2 dapat dinobatkan sebagai ponsel layar lipat terbaik 2020. Samsung menyematkan banyak peningkatan dari generasi pertamanya membuat ponsel ini sangat menarik.

Samsung membuat penampilan Galaxy Z Fold2 lebih mewah. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini memaksimalkan kemampuan engselnya, sehingga smartphone ini tidak sekadar mengunggulkan layar yang bisa dilipat saja.

Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold 2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dinamakan Flex Mode, fitur ini menghadirkan beragam mode pengunaan pada layar cover dan layar utama Galaxy Z Fold2, baik saat terbuka maupun ditekuk. Alhasil teknologi layar lipat benar-benar dapat memberikan manfaat lebih bagi penggunanya.

Tidak sampai di situ saja, Samsung memaksimalkan layar utama Galaxy Z Fold2 untuk melakukan multitasking. Kamera smartphone ini punya kemampuan sekelas profesional sehingga dapat diandalkan untuk mengabadikan momen di segala kondisi.

2. Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 mengusung desain layar 6,7 inch dengan tepian melengkung 67,8 yang menciptakan efek visual lapang tanpa batas.

Makin maksimal berkat hadirnya fitur Ultra Vision Screen yang memadukan resolusi 3.168 x 1.440 pixel dengan refresh rate 120 Hz dan tingkat kepekaan sentuhan hingga 240Hz. Perpaduan tersebut memberikan peningkatan picture smoothness secara signifikan dan respon pengoperasian perangkat yang lebih cepat dan akurat.

Find X2 Pro mengusung 10 bit color, ini pertama di dunia. Dengan teknologi tersebut dapat menampilkan 1 miliar warna, jumlah tersebut 64 kali lebih banyak ketimbang layar yang ada di pasaran yang mengusung 8 bit.

Oppo Find X2 ProOppo Find X2 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tampilan premium membutuhkan kualitas konten yang lebih tinggi. Find X2 Pro dan Find X2 dilengkapi dengan Ultra Vision Engine untuk meningkatkan performa kualitas video. Dengan teknologi ini, seri Find X2 memiliki fitur Motion Clear dan HDR video enhancement.

Motion Clear meningkatkan frame rate saat menonton video online dan siaran olahraga dari 30 fps menjadi 60 fps, bahkan 120 fps. Teknologi ini menjadikan pemutaran video lebih mulus, mengurangi efek motion jitter (gambar yang tidak stabil/patah-patah) dan efek stepped contours (gambar berbayang).

3. iPhone 12 Pro Max

Apple kembali meningkatkan kemampuan untuk kamera iPhone 12 Pro Max. Ponsel ini punya ukuran sensor yang lebih besar ketimbang sebelumnya, bahkan dibanding iPhone 12 dan iPhone 12 Pro, meski resolusinya sama-sama 12 megapixel. Dengan sensor yang lebih besar artinya jumlah cahaya yang bisa ditangkap juga lebih banyak, atau performa di kondisi gelap lebih baik.

Kamera utama iPhone 12 Pro Max menggunakan teknologi stabilisasi sensor dengan sensor shift -- lazim dipakai di kamera mirrorless --. Sensornya ini bisa mengkompensasi getaran di bodi ponsel dengan menggerakkan sensornya, mencapai 5000 pengaturan mikro setiap detiknya.

iPhone 12 Pro MaxiPhone 12 Pro Max Foto: Dok. Apple

iPhone 12 Pro Max punya lensa tele dengan kemampuan zoom 2,5x, pendahulunya dan iPhone 12 Pro hanya 2x saja. Raksasa teknologi asal Cupertino ini mengyebut ponsel paling mahalnya ini punya 5x optical zoom range.

Ponsel ini turut dilengkapi sensor LiDAR seperti yang ditemukan pada iPad Pro 2020. Sensor tersebut untuk memindai ruangan sekaligus digunakan saat membuat foto portret saat Night Mode serta mempercepat auto focus dalam gelap sebanyak 6 kali.

iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max dibekali fitur Apple ProRAW yang menempatkan smartHDR multiframe ke dalam format RAW. Tidak kalah menarik Apple memberikan dukungan perekaman video 10-bit HDR dan Dolby Vision HDR.