iPhone 12 yang Patut Dibeli Rekomendasi Tech Reviewer

iPhone 12 yang Patut Dibeli Rekomendasi Tech Reviewer

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 20 Des 2020 17:15 WIB
iPhone 12
iPhone 12 Pro dan iPhone 12. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

iPhone 12 series resmi hadir di Indonesia dalam empat varian, baiknya pilih yang mana? Nah ini rekomendasi dari Tech Reviewer Tanah Air.

Ario Pratomo

Menurut Ario baiknya varian yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Kalau butuh banget kamera baik dengan kemampuan LiDAR untuk membantu night photography, ProRAW yang memberikan ruang untuk edit, maka pilihannya iPhone 12 Pro. Kalau butuh baterai dan layar lebih besar pilih iPhone 12 Pro Max.

"Kalau budget sedikit di bawah pro, iPhone 12 juga sudah sangat mumpuni dan memberikan pilihan warna yang lebih berwarna warni. Lagi-lagi disesuaikan," kata Ario.

Bapak dua anak ini sendiri menggunakan iPhone 12 Pro lantaran sebagai tech reviewer ingin mengulik hasil foto serta video ProRAW dan Dolby Vision. Sementara sang istri, @nuchabachri, pilih iPhone 12 sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Untuk pengguna Android yang ingin migrasi ke iPhone 12, Ario menyarankan baiknya menyesuaikan dengan ukuran layar dan kemampuan kamera dari perangkat yang digunakan sebelumnya.

"iPhone 12 Mini menang di compact-nya, enak dipegang di tangan dan masuk tas atau kantong. Kalau kamera Android sebelumnya sudah cukup baik, berikan juga yang terbaik, yakni iPhone 12 Pro," pungkas Ario.


Kumar K2 Gadgets

Jika ingin membeli, Kumar menyarankan adalah iPhone 12. Berdasarkan pengalamannya, iPhone 12 dianggap paling value deal.

"Lebih dari 80%, apa yg ada di 12 pro series, ada di iPhone 12 semua. Dan kebanyakan orang nggak akan memperdulikan kelebihan yang ada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max," kata Kumar..

"All in all, iPhone 12, ratio price to performance-nya dapet banget. Tapi inget, minimal ambil yang 128GB. Lebih aman untuk penggunaan jangka panjang," tambahnya.


Ibro Kumar

Menurut Ibro, bagi pengguna iPhone 11 series rasanya tidak perlu upgrade karena peningkatan tidak begitu signifikan. Lain halnya bila menggunakan iPhone X atau iPhone XS, ketika upgrade akan terasa peningkatannya, terutama pada kemampuan foto dan videonya.

"Jika sekarang punya iPhone 7 dan 8, kalau mau upgrade bagus banget," ujarnya.

Dari empat varian yang ada, pria asal Surabaya ini merekomendasikan iPhone 12. Sebab kemampuannya sudah mumpuni untuk media sosial, berkirim pesan dan foto.

Ibro sendiri memilih iPhone 12 Pro Max. Ini lantaran ponsel tersebut digunakannya untuk mendukung aktivitasnya.

"iPhone 12 Pro Max punya tiga lensa dan beberapa fitur video dan foto yang kepakai untuk bikin konten," terangnya.