Apple Garap Prosesor 32 Core untuk Mac Pro

Apple Garap Prosesor 32 Core untuk Mac Pro

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 11:17 WIB
Apple M1
Foto: Apple
Jakarta -

Apple disebut tengah menggarap prosesor ARM baru yang punya 32 core, dan kabarnya bakal dipakai perangkat Mac keluaran akhir 2021.

Prosesor tersebut juga kabarnya akan dipakai di Mac Pro berukuran kecil yang bakal dirilis pada 2022. Disebut berukuran kecil karena Mac Pro yang ada saat ini punya ukuran besar, layaknya sebuah PC dengan casing tower.

Selain itu, Apple juga disebut tengah mendesain CPU yang punya 16 core kencang dan 4 core hemat daya, yang ditujukan untuk MacBook Pro dan iMac baru. Prosesor ini kemungkinan bakal hadir di awal 2021 mendatang.

Selain soal CPU, Apple Silicon yang baru GPU dengan jumlah core yang lebih banyak dibanding M1, yang 'cuma' punya 8 core (7 core di M1 untuk MacBook Air). Apple disebut tengah menguji GPU dengan 16 dan 32 core, bahkan nantinya bakal mencapai 128 core.

Meski Apple sudah mulai menjajal CPU dengan 16 core kencang, kemungkinan mereka merilis CPU yang punya 8 atau 12 core kencang terlebih dahulu. Jika melihat performa M1 yang 'hanya' punya 4 core kencang, rasanya 8 atau 12 core kencang pun sudah cukup mumpuni.

Kabar ini muncul setelah Apple merilis beberapa produk Mac dengan chip M1, Apple Silicon mereka yang pertama. M1 punya CPU dengan 4 core kencang dan 4 core hemat daya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (8/12/2020).

Transisi dari prosesor Intel ke Apple Silicon ini disebut bakal terjadi selama dua tahun ke depan. Namun Apple juga masih akan merilis Mac dengan prosesor Intel, termasuk untuk Mac Pro yang kabarnya masih akan memakai prosesor dengan platform x86 tersebut.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)