Apple Mau Rilis MacBook dengan Desain Baru, Intel atau M1?

Apple Mau Rilis MacBook dengan Desain Baru, Intel atau M1?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 30 Nov 2020 14:00 WIB
Apple M1
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Apple disebut bakal merilis MacBook dengan desain baru pada pertengahan kedua 2021 mendatang. Prosesor apa yang bakal dipakai di MacBook anyar tersebut?

Sebelumnya, analis Ming-Chi Kuo menyebut kalau MacBook dengan desain baru itu bakal dirilis dengan chip Apple Silicon. Ia memang tak menyebut MacBook apa yang bakal punya desain baru, namun sebelumnya ia memang pernah menyebut kemungkinan adanya MacBook 14 inch dan MacBook Pro 16.

Namun rumor ini kemudian ditanggapi 'L0vetodream' lewat Twitter, yang menyebut MacBook anyar yang bakal dirilis itu tak cuma tersedia dengan chip Apple Silicon, melainkan juga akan tersedia dengan varian prosesor Intel.

"Tak cuma untuk (Apple) Silicon," kicau L0vetodream, yang beberapa kali bocoran darinya terbukti akurat, demikian dikutip detikINET dari Macrumors, Senin (30/11/2020).



Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Apple memang sudah merilis MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini yang memakai chip Apple Silicon pertama, yaitu M1. Ketiga produk ini dalam berbagai pengujian menunjukkan hasil yang positif, yaitu performa yang lebih tinggi dari Mac dengan prosesor Intel.

Meski begitu, Mac dengan Apple Silicon masih punya satu kelemahan dibanding Mac dengan prosesor Intel. Yaitu kompatibilitas aplikasi, karena kebanyakan aplikasi yang ada saat ini memang didesain untuk prosesor x86 seperti buatan Intel.

Aplikasi untuk x86 itu memang bisa dijalankan di Mac M1 dengan software Rosetta 2, namun tampaknya ada beberapa program belum berjalan dengan mulus.

Peralihan ke Apple Silicon ini pertama diumumkan Apple dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) Juni lalu. Saat itu Apple menyebut masa transisi ke Apple Silicon membutuhkan waktu dua tahun, dan mereka tetap akan merilis Mac baru dengan prosesor Intel. Contohnya adalah iMac 27 inch yang dirilis pada Agustus lalu.



Simak Video "Sketsa MacBook Tanpa Trackpad Impian Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)