AMD Mau Bikin Chip ARM Penantang Apple M1?

AMD Mau Bikin Chip ARM Penantang Apple M1?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 07 Des 2020 10:02 WIB
AMD Ryzen untuk Chromebook
Ilustrasi AMD. Foto: Dok. AMD
Jakarta -

AMD kabarnya tengah menggarap dua chip ARM baru, yang kabarnya bakal menjadi pesaing chip Apple M1 yang dipakai di jajaran Mac baru.

Salah satu dari chip tersebut kabarnya mempunyai RAM yang terintegrasi (seperti M1), dan yang lainnya tidak punya RAM terintegrasi. Prototipe kedua chip ini disebut sudah hampir siap.

AMD sebenarnya sudah sejak 2014 lalu terungkap tengah mengembangkan CPU berbasis ARMv8 64bit yang punya kode K12. Kemudian pada 2016 mereka mengumumkan K12 Core, namun sejak itu tak terdengar lagi kabarnya.

Chip K12 ini kembali muncul ke permukaan setelah Komachi Ensaka membocorkan roadmap AMD, yang di dalamnya berisi sbeuah chip bernama K12 FFX, dengan waktu perilisan antara 2017-2022.

Menariknya, bos AMD Lisa Su bakal memberikan keynotenya di ajang CES 2021 pada 12 Januari 2021 mendatang. Di acara tersebut Su diperkirakan akan memamerkan Ryzen 5000 mobile yang berbasis Zen 3 dengan kode Cezanne, juga beberapa produk baru lainnya. Mungkin saja K12 bakal ikut disebut di acara tersebut. Atau mungkin juga tidak.

Roadmap AMDRoadmap AMD Foto: Istimewa

Sejauh ini, kabar kehadiran chip ARM dari AMD ini memang sekadar spekulasi, namun melihat sejarah AMD dengan core ini, dan bagaimana chip Apple M1 mendapat banyak pujian, mungkin saja kehadiran K12 ini bakal menjadi kenyataan.

Terlebih lagi, Microsoft pun sudah punya sistem operasi untuk chip ARM, yaitu Windows on ARM, yang baru-baru ini berhasil dijalankan dengan baik di Mac berbasis M1. Bahkan lebih baik ketimbang perangkat Microsoft Surface, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (7/12/2020).



Simak Video "AMD dan Intel Kejar-kejaran Jajaki Portofolio Laptop Asus"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)