Kasus HP Meledak Gegara Baterai dan Cara Mencegahnya

Serba-serbi Baterai HP

Kasus HP Meledak Gegara Baterai dan Cara Mencegahnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 22 Nov 2020 12:15 WIB
hp meledak di saku
Foto: capture rekaman cctv
Jakarta -

Di era digital seperti sekarang ini, HP yang semakin cerdas turut menunjang kebutuhan sehari-hari para pemiliknya. Akan tetapi, ada rasa was-was yang menghantui, sebab HP bisa saja meledak kapan saja, bila kalian tidak hati-hati memakai perangkat tersebut.

HP memiliki komponen utama, yakni keberadaan baterai ponsel untuk 'menghidupkan' ponsel saat dipakai para penggunanya. Baterai lithium ion terdapat arus listrik yang mengalir di dalamnya, berupa anoda (kutub negatif) menuju katoda (kutub positif), dan elektrolit yang biasanya berupa cairan di antara keduanya.

Singkatnya, bila ada kesalahan dalam arus listrik tersebut, bisa berakibat fatal yang berpotensi meledak atau terbakar. Situasi diperparah kalau ketika meledak itu, kalau sedang menelpon.

Masih ingat kasus Samsung Galaxy Note 7 pada 2016 silam yang mengehohkan dunia pergadgetan. Ponsel yang diharapkan jadi andalan Samsung di pasar, justru jadi bumerang setelah sejumlah penggunanya melaporkan ponsel tersebut meledak atau terbakar.

Galaxy Note 7 bukan contoh kasus HP meledak yang disebabkan oleh baterai ponsel. iPhone X milik warga AS Rahel Mohamad meledak setelah meng-update iOS 12.1. Begitu juga dengan kasus ponsel Vivo V5 meledak saat di-charge.

Di Indonesia, tepatnya di Parepare, Sulawesi Selatan, akhir 2019 lalu, memakan korban seorang ibu bernama Wiyah. HP merek Xiaomi S2 itu tiba-tiba meledak, ketika Wiyah berupaya menyalakan gadget tersebut.

Sebelumnya, pada Februari 2019, pegawai honorer di kantor Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Disominfo dan Statistik) Pemprov Riau mengalami luka di bagian wajah. Korban bernama Netia terluka akibat ponselnya meledak saat di-charge.

Beragam penyebab mengapa sebuah ponsel bisa meledak, mulai dari korsleting karena kesalahan saat mengisi daya baterai, baterai ponsel terlalu panas, perangkat charger bajakan, hingga dipakai terus-terusan meski sedang di-charge.

>>> Halaman berikutnya cara mengatasi agar HP tidak meledak