Tips Baterai HP Awet dan Anti Bocor

Serba-serbi Baterai HP

Tips Baterai HP Awet dan Anti Bocor

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 13:37 WIB
Ilustrasi smartphone
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Di situasi terdesak ketika sedang mati lampu atau banyak aktivitas dengan ponsel, baterai HP menjadi perhatian utama. Meskipun sudah sedia powerbank, kamu pun harus pintar-pintar menghemat baterai HP dalam keadaan darurat.

Apalagi untuk situasi yang membuat kamu tidak tahu kapan bisa menghubungkan HP dengan pengisi daya. Dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020) berikut ini tips menghemat baterai ponsel:

1. Aktifkan 'Airplane Mode'

Airplane mode atau mematikan koneksi data dapat menghemat baterai HP karena smartphone tidak harus mencari jaringan terus menerus. Matikan juga fitur konektivitas lain seperti Bluetooth, WiFi, dan GPS.

2. Silent HP

Bukan hanya nada dering yang makan baterai, getar untuk notifikasi juga membutuhkan daya yang tidak sedikit. Ini disebabkan ada gerak motor khusus yang dilakukan HP untuk membuat HP bergetar.

3. 'Tidurkan' aplikasi

Aplikasi di smartphone tetap aktif di background walaupun sudah kalian keluarkan. Untuk membatasinya, masuk ke Settings, kemudian Apps, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian pilih Battery dan tekan opsi Restrict in the Background.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa mengunduh aplikasi Greenify yang bisa 'menidurkan' aplikasi agar tidak memakan baterai banyak.

4. Gunakan wallpaper gelap

Bila HP yang kamu gunakan memakai layar AMOLED, menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam bisa membuatsmartphone menjadi lebih awet. Aktifkan mode malam pada HP juga bisa dilakukan untuk membuat semua sistem menjadi gelap.

5. Gunakan aplikasi versi lite

Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang lebih enteng, sebut saja Twitter Lite, YouTube Go, Facebook Lite, dan masih banyak lagi. Bukan cuma hemat kuota, tapi aplikasi versi lite juga dapat mengurangi konsumsi baterai pada HP.

Halaman selanjutnya: mode power saving dan matikan notifikasi...