HP Paling Aneh Sedunia, Rakit Sendiri di Rumah

HP Unik di Dunia

HP Paling Aneh Sedunia, Rakit Sendiri di Rumah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 08 Nov 2020 19:19 WIB
Ponsel Nomor Putar Paling Aneh Sedunia buatan insinyur Justine Haupt dari Amerika
Rotary Cellphone, HP paling unik sedunia (Justine Haupt/skysedge)
Jakarta -

Mungkin, inilah HP paling aneh sedunia. Pembeli disuruh rakit sendiri. Tapi kalau kamu hobi kegiatan do it yourself, ponsel ini mungkin menarik.

Nama HP-nya adalah Rotary Cellphone buatan Justine Haupt, dari Brookhaven National Laboratory di New York, Amerika Serikat. Bentuknya sungguh aneh.

HP ini seperti perpaduan ponsel dan telepon rumah, karena untuk menelepon memakai tombol putar seperti telepon rumah tahun 1980-an. Haupt merancang sendiri semuanya dari mainboard sampai casing.

Ponsel Nomor Putar Paling Aneh Sedunia buatan insinyur Justine Haupt dari AmerikaInsinyur Justine Haupt dari Amerika pencipta Rotary Cellphone Foto: (Justine Haupt/skysedge)

Beda dengan kebanyakan smartphone, Rotary Cellphone cuma punya satu fungsi saja yaitu menelepon orang lain. Tidak ada fungi SMS, aplikasi, apalagi games.

Tombol putar dirancang sebagai speed dial. Bukan untuk menelepon orang sesuai nomornya. Akibatnya HP ini hanya bisa untuk menelepon ke 10 nomor lain.

Lebih anehnya lagi, Haupt punya alasan kenapa HP ciptaannya punya fungsi yang minimalis. HP-nya untuk orang yang bersikap personal dan taktis, bahkan tidak butuh SMS.

"Dunia layar sentuh hiperkonektivitas itu mengganggu dan orang tidak punya kuasa atas telepon mereka," kata Haupt berfilosofi.

Tombol powernya menggunakan tombol geser. Sekali lagi, Haupt anti dengan cara menekan tombol yang lama untuk menghidupkan ponsel.

Ponsel ini memakai ATmega2560v mainboard dan FONA 3G untuk menangkap sinyal dengan antena Quad-band GSM, ada slot SIM Card 3G, baterainya 1,2Ah Lippo Battery yang umurnya cuma 2 jam. Repot juga nih!

Ponsel Nomor Putar Paling Aneh Sedunia buatan insinyur Justine Haupt dari AmerikaPembeli rakit sendiri Foto: (Justine Haupt/skysedge)

Jika itu masih belum cukup aneh, bagaimana dengan yang ini: Pembeli merakit sendiri HP Rotary Cellphone. Iya betul Haupt menjualnya dalam bentuk siap rakit, kecuali beberapa komponen dan nomor putar yang mesti dicari sendiri ke tukang barang bekas.

Haupt menjualnya di situs Skysedge.us yang merupakan perusahaan robotik milik dia dan suaminya. Harganya USD 170 (Rp 2,3 juta). Percaya atau tidak, ada lho yang membeli Rotary Phone dan rela merakit sendiri.

Tidak jelas apakah orang beli karena keunikannya, atau memang dia hobi merakit perangkat elektronik atau action figure . Yang jelas, Rotary Cellphone jadi contoh betapa inovasi ponsel memang tidak mengenal batas.



Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)