OPPO AR Glass 2021, Hadirkan Visual Apik Layaknya Layar 90 Inci

OPPO AR Glass 2021, Hadirkan Visual Apik Layaknya Layar 90 Inci

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 07:03 WIB
Oppo
Foto: Dok. Oppo
Jakarta -

Ajang INNO Day 2020 menjadi panggung bagi inovasi teknologi yang dibuat OPPO. Selain menunjukkan ponsel layar gulung, OPPO juga memperlihatkan teknologi kacamata augmented reality AR Glass 2021 dan aplikasi CybeReal AR.

OPPO AR Glass 2021 hadir dengan tampilan split bergaya modis. Kacamata pintar generasi kedua dari OPPO ini dibuat lebih kompak dan bobotnya 75 persen lebih ringan dari generasi sebelumnya.

Kacamata ini disusupi optik Birdbath yang dapat meningkatkan kecerahan gambar yang ditampilkan hingga 98 persen dan kontras warna ditingkatkan hingga 53 persen. Peningkatan tersebut disebut-sebut membuat kacamata pintar OPPO dapat menyajikan visual sebaik menonton layar ukuran 90 inci dari jarak 3 meter, yang artinya punya sudut pandang luas dan gambar tajam.

AR Glass 2021 juga dibekali kamera fish eye stereo untuk menangkap visual di lingkungan sekitar pengguna, dan menerjemahkannya menjadi pemetaan lokal yang presisi dalam satuan waktu milidetik. Visualisasi lingkungan sekitar yang ditampilkan kacamata pintar OPPO terlihat realistis.

Kacamata pintar ini bisa memperbarui pemetaan lokal secara berkelanjutan. Selain itu, perangkat AR Glass 2021 dapat membaca posisi real-time pengguna secara presisi.

Kacamata pintar tersebut juga memiliki sensor ToF yang dapat mengenali gerakan tangan berdasarkan 21 titik di masing-masing tangan, sehingga dapat menangkap gerakan paling halus sekalipun. Selain itu, kacamata dilengkapi dengan asisten suara Oppo Breeno untuk perintah suara.

OppoOppo AR Glass 2021 Foto: Dok. Oppo

Berdasarkan pemaparan OPPO, AR Glass 2021 juga dapat diintegrasikan dengan smartphone flagship, seperti OPPO Find X2 Pro untuk pengoperasian yang lebih responsif. Adapun perangkat smartphone berperan sebagai remote control bagi kacamata pintar saat dihubungkan.

Berikutnya, aplikasi CybeReal AR, sebuah aplikasi yang dapat menerjemahkan situasi di dunia nyata ke ruang virtual. Aplikasi ini menyalin objek-objek di dunia fisik dan membangunnya dalam ruang virtual di atas OPPO Cloud.

Untuk menentukan suatu posisi, CyberReal akan memanfaatkan informasi dari IMU (Inertial Measurement Unit), GPS, Wifi, Bluetooth, dan informasi jaringan. Berikutnya kamera dan algoritma SLAM (simultaneous localization and mapping) berkolaborasi untuk membuat pemetaan lokasi dari lingkungan sekitar secara presis

Aplikasi CybeReal AR didukung oleh teknologi kalkulasi spasial secara real-time memungkinkan lokalisasi presisi tinggi dan scene recognition, dan didukung oleh tiga teknologi inti OPPO, termasuk secara tepat merekonstruksi dunia dalam satuan sentimeter secara akurat, lokalisasi presisi tinggi secara real-time, dan OPPO Cloud.

Sebagai informasi, INNO Day tahun ini digelar di Shenzhen China dengan mengangkat tema 'Leap Into the Future'. OPPO berharap dapat menciptakan dunia yang penuh kebaikan melalui inovasi yang bijak.

(akn/ega)