Janji Manis Apple di Mac dengan Otak ARM

Janji Manis Apple di Mac dengan Otak ARM

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 11 Nov 2020 15:44 WIB
Apple M1
Foto: Apple
Jakarta -

Apple akhirnya merilis perangkat Mac yang memakai Apple M1, yaitu chip utama berbasis ARM yang menjadi otak di MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini.

Apple menjanjikan M1 punya performa CPU di MacBook Air tiga kali lebih ngebut dibanding generasi sebelumnya. Lalu GPU-nya juga lima kali lebih ngebut.

M1 ini pada bagian CPU-nya punya delapan core, yang disusun layaknya chip ARM lain. Yaitu core dengan performa tinggi (4 core) dan core hemat daya (4 core).

Dalam acara 'One More Things' yang digelar semalam, Apple bahkan menyebut kinerja core hemat daya di M1 itu setara dengan performa prosesor dual core Intel i3 yang dipakai di MacBook Air generasi sebelumnya.

Core hemat daya ini cocok untuk menjalankan pekerjaan ringan seperti mengecek email dan browsing di web, dan konsumsi dayanya pun sangat rendah. Namun jika dibutuhkan, semua core yang ada itu akan aktif bersamaan dan menghasilkan performa yang diklaim sangat tinggi.

Saking kencangnya, Apple menyebut MacBook Air dengan chip Apple M1 tersebut bisa dipakai untuk mengedit video 4K dengan sejumlah stream. Hal tersebut sama sekali tak terbayang untuk bisa dikerjakan di MacBook Air generasi sebelumnya.

Meski begitu, Apple tetap membuat MacBook Air tanpa dilengkapi kipas pendingin. Hal ini juga jadi perbedaan utama antara MacBook Air dan Pro, yaitu keberadaan kipas pendingin dan menggunakan Apple M1 yang hampir sama, kecuali jumlah core GPU yang 1 core lebih banyak. Namun untuk CPU masa kini, performanya memang akan ditentukan dari suhu chipnya. Semakin banyak panas yang bisa dibuang, maka CPU akan bisa menggenjot performanya lebih tinggi lagi.

Namun perlu diingat, beberapa tahun lalu Apple juga pernah merilis MacBook tanpa kipas, yaitu MacBook 12 inch yang memakai prosesor Intel Core M, yang kemudian dianggap sebagai MacBook yang performanya sangat lemah karena prosesornya harus memperlambat diri alias throtling untuk mengkompensasi panas yang dihasilkan.

Apple M1Apple M1 di MacBook Air Foto: Dok. Apple

Halaman selanjutnya: lebih dalam mengenai Apple M1...