Ditenagai Apple M1 Bikin MacBook Air dan Pro Makin Ngebut

Ditenagai Apple M1 Bikin MacBook Air dan Pro Makin Ngebut

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 11 Nov 2020 02:13 WIB
Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.
Jajaran perangkat Mac yang ditenagai chipset Apple M1. Foto: Apple
Jakarta -

Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.

"Dengan M1 memungkinkan MacBook Air melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan pada perangkat yang tipis dan ringan,' klaim Laura Metz, Mac Product Line Manager.

Chipset Apple M1 di MacBook Air terbaru menjanjikan performa tiga kali lebih ngebut dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu performa grafisnya pun disebut-sebut 5x lebih cepat.

"Untuk pertama kalinya, kamu dapat mengedit multiple stream 4K ProRes di MacBook Air,' kaya Luara.

'MacBook Air lebih cepat dari 98% dari laptop PC yang terjual pada tahun lalu," lanjutnya.

MacBook Air terbaruMacBook Air terbaru Foto: The Verge

Berkat M1, konsumsi daya pun lebih hemat. MacBook Air terbaru dijanjikan dapat hidup hingga 18 jam.

Laptop ini turut dibekali kamera FaceTime dengan memprosesan gambar sehingga video tampil lebih baik saat video call. Apple turut melengkapinya dengan sensor sidik jari.

Beralih ke MacBook Pro 13 inch, dengan chipset M1 performa dijanjikan 8 kali cepat dibanding pendahulunya. Sementara grafisnya 5 kali lebih ngebut dari lainnya.

"Lebih cepat hingga 3 kali dari laptop Windows terlaris di kelasnya. Dapat playback 8K ProRes video di Resolve tanpa menurunkan satu frame pun," papar Shruti Haldea, Product Manager MacBook Pro.

MacBook Pro 13 inchMacBook Pro 13 inch Foto: The Verge

Baterai MacBook Pro dijanjikan bertahan hingga 17 jam membuka web secara wireless atau 20 jam playback video. Alhasil diklaim masa pakai baterai terlama di Mac.

Baik MacBook Air dan MacBook Pro sudah bisa dipesan saat ini di sejumlah negara dan akan tersedia mulai pekan depan. Apple membanderol MacBook Air USD 999 atau sekitar Rp 14,1 juta. Sementara MacBook Pro USD 1.299 atau kisaran Rp 18,3 juta.



Simak Video "Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)