Huawei Diprediksi Rilis Penantang Android Desember

Huawei Diprediksi Rilis Penantang Android Desember

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 04 Okt 2020 10:10 WIB
OS Harmony
Huawei Diprediksi Rilis Penantang Android Desember. Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei hampir siap untuk merilis sistem operasi miliknya yang disebut Harmony OS kepada developer. Diperkirakan paling cepat OS alternatif Google Android ini akan meluncur pada Desember 2020.

Untuk diketahui, smartphone terbaru Huawei sudah menggunakan Android yang hanya versi open-source, dan tidak punya Google Mobile Services (GMS) yang mendukung Google Maps, Gmail, YouTube, dan Google Play Store.

Meskipun Huawei sudah punya alternatif yang kuat untuk beberapa layanan di antaranya pengganti Google Maps dan punya Petal Search, Huawei sudah sering menyebutkan bahwa OS-nya sendiri akan menjadi solusi yang lebih praktis, jika mereka benar-benar tidak bisa lagi kembali menggunakan Android secara lengkap.

Jadi, sangat wajar jika Huawei mempersiapkan alternatif OS Google Android secara serius. Dikutip dari Forbes, Notebook Check melaporkan bahwa Huawei akan mulai mengirimkan Harmony OS dalam wujud smartphone berbasis OS tersebut kepada para developer.

Dengan mengirimkan Harmony OS ke developer, Huawei berharap aplikasi untuk perangkatnya dapat dioptimalkan untuk sistem operasi yang baru, bahkan memungkinkan perangkat pihak ketiga untuk berjalan di Harmony OS. Huawei juga tampaknya menginginkan perangkat baru yang menjalankan Harmony OS dirilis secepatnya di tahun depan.

Tapi, tentu saja, sulit untuk menantang cengkeraman Android di pasar smartphone, terutama di luar China. Satu hal yang pasti, software ponsel tidak akan terlihat berbeda. Itu karena di atas Android terdapat antarmuka EMUI Huawei yang dirancang agar terlihat sama baik itu dibuat di atas Android atau Harmony OS.

Tetapi jika Harmony OS sukses, mungkin akan banyak developer yang aplikasinya tidak tersedia di ponsel Huawei, akan tergerak untuk menyediakannya dengan cepat sehingga ekosistem Huawei akan semakin kaya aplikasi.



Simak Video "Sederet Kelebihan Huawei Band 6 yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)