Wah, Mac Jadul Tak Bisa Putar Netflix 4K

Wah, Mac Jadul Tak Bisa Putar Netflix 4K

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 02 Okt 2020 22:11 WIB
Logo Apple
Logo Apple. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pembaruan macOS Big Sur yang akan datang membuat perangkat Mac bisa menonton konten 4K HDR dari Netflix. Namun ternyata, tak semua perangkat Mac bisa menikmatinya.

Meski pembaruan Big Sur bisa dinikmati oleh perangkat jadul seperti Mac Pro keluaran 2013, iMac keluaran 2014, dan MacBook Air serta Pro keluaran 2013, hanya perangkat Mac keluaran 2018 ke atas yang bisa menikmati konten 4K HDR di Netflix.

Atau lebih tepatnya perangkat Mac keluaran 2018 ke atas yang dilengkapi dengan chip keamanan Apple T2, demikian seperti yang ditulis Netflix dalam dokumen di laman dukungan mereka.

Artinya sejauh ini perangkat Mac yang bisa memutar konten 4K HDR dari Netflix adalah:

  • iMac (2020)
  • iMac Pro
  • Mac Pro (2019)
  • Mac mini (2018)
  • MacBook Air (2018 ke atas)
  • MacBook Pro (2018 ke atas)

Apple pun memberikan tutorial untuk pengguna yang ingin mengetahui apakah perangkat Mac-nya dilengkapi dengan chip T2. Caranya adalah dengan mengklik logo Apple di bagian kiri atas sambil menahan tombol Option, dan memilih System Information.

Informasi keberadaan chip T2 ini bisa dilihat di bagian Controller atau iBridge, tergantung versi macOS yang dipakai.

Apple T2Apple T2 Foto: Dok. Apple

Syarat chip T2 ini membuat perangkat Mac jadul, yang secara spesifikasi kuat untuk memutar video 4K baik lewat monitor built in ataupun lewat monitor eksternal, tak bisa memutar video 4K HDR tersebut.

Tak jelas mengapa chip keamanan T2 ini dibutuhkan untuk memutar video 4K HDR, dan baik Netflix maupun Apple belum mengeluarkan pernyataan resminya mengenai hal ini.

Namun kemungkinan chip T2 ini dibutuhkan karena bisa berfungsi sebagai co-processor. Chip T2 memang mempunyai kemampuan pemrosesan video yang mendukung codec HEVC, dan Apple sendiri menyebut chip T2 ini membuat kemampuan transcoding video HEVC bisa dua kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Apple T2Apple T2 Foto: Dok Apple


Simak Video "Netflix Raih Pelanggan Baru, Namun Masih Kurang 'Menggigit'"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)