Qualcomm Ungkap Teknologi untuk Saingi AirPods Pro

IFA 2020

Qualcomm Ungkap Teknologi untuk Saingi AirPods Pro

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 04 Sep 2020 15:38 WIB
Qualcomm
Qualcomm Ungkap Teknologi untuk Saingi AirPods Pro (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Qualcomm di IFA 2020 memamerkan teknologi terbarunya untuk earphone true wireless stereo (TWS) yang bernama Adaptive Noise Cancellation.

Teknologi ini menurut Qualcomm didesain untuk meningkatkan pengalaman pengguna earphone, yaitu dengan mengatur performa suara secara real time berdasarkan bagaimana kerapatan (fitting) earphone di telinga penggunanya.

Jika kerapatannya berubah, Adaptive ANC ini bakal langsung mengatur suara yang dikeluarkan agar performanya tetap konsisten, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (4/9/2020).

Fitur semacam ini bukan hal baru, karena sebelumnya sudah sudah ada di AirPods Pro, yang secara terus-menerus mengatur tingkat noise cancellation-nya sampai 200 kali per detik.

Selain itu, Apple juga membenamkan fitur 'adaptive EQ' di AirPods Pro, yang secara otomatis mengatur equalizer di earphone tersebut sesuai dengan bentuk telinga penggunanya.

Jadi bisa dibilang, yang dilakukan oleh Qualcomm ini adalah berusaha memberikan fitur yang sama dengan AirPods Pro di earphone TWS lain yang menggunakan chip buatan mereka.

Qualcomm mengklaim Adaptive ANC secara teoritis bisa berfungsi di berbagai macam earphone, baik itu in ear yang masuk ke dalam kanal telinga maupun earbuds yang hanya 'menempel' pada bagian luar seperti Galaxy Buds Live.

Pada intinya, Qualcomm ingin menghilangkan ketergantungan terhadap kerapatan earphone di telinga untuk mencegah bocornya suara.

Sejauh ini memang belum ada earphone TWS yang menggunakan teknologi baru Qualcomm ini. Namun mereka sudah bekerja sama dengan sejumlah pabrikan audio seperti Sennheiser, Jabra, Bang & Olufsen, 1More, Audio Technica, dan lainnya untuk menghadirkan teknologi ini ke konsumen.



Simak Video "Anti-Distraction Pakai Earphone Terbaru vivo TWS Neo"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)