Google Jajal Bikin Chromebook dengan Dua Layar?

Google Jajal Bikin Chromebook dengan Dua Layar?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 14:44 WIB
Chromebook Acer
Ilustrasi Chromebook. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta -

Laptop dengan dua layar mungkin terlihat janggal, namun sebenarnya punya keunggulan tersendiri. Nah, Google saat ini disebut tengah menjajal membuat Chromebook dengan dua layar.

Dilansir 9to5Google, ada barisan kode di software Chromium -- yang menjadi inti dari Chrome OS -- yang menyebut perangkat dengan dua layar sentuh dan sebuah touchpad. Laptop yang dimaksud itu punya kode Palkia, yang diduga adalah sebuah Chromebook.

Dalam komentar di barisan kode tersebut disebutkan dua perangkat input yang berupa layar sentuh. Artinya Google tengah mengembangkan software untuk Chrome OS yang mendukung penggunaan layar kedua.

Namun perlu diingat, keberadaan barisan kode ini tak serta merta membuat Google pasti akan meluncurkan Chromebook dengan dua layar dalam waktu dekat. Pasalnya kode-kode ini ditandai dengan label proof of concept (POC), yang artinya bukan diperuntukkan untuk penggunaan oleh original equipment manufacturer (OEM).

Jadi untuk sementara waktu, perangkat dengan dua layar ini sebatas sebuah eksperimen. Jika ternyata percobaan itu tak berhasil, kemungkinan besar Google tak akan mengimplementasikan ide ini ke perangkat kelas konsumer.

Konsep laptop dengan dua layar ini sebenarnya sudah beberapa kali muncul di perangkat konsumen. Asus adalah salah satu produsen yang sudah beberapa kali menerapkan konsep ini pada sejumlah produk buatannya.

Jika penerapannya benar, penggunaan layar di Chromebook seharusnya bisa meningkatkan produktivitas penggunanya. Karena pengguna bisa membuka dua aplikasi pada layar yang berbeda dan memudahkan mereka untuk mengakses aplikasi tersebut tanpa perlu me-minimize aplikasi.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)