Google Kembangkan Prosesor Sendiri Buat Pixel 6?

Google Kembangkan Prosesor Sendiri Buat Pixel 6?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 15 Apr 2020 19:00 WIB
Google, Kantor Google, Ilustrasi Google
Google Kembangkan Prosesor Sendiri untuk Pixel 6? Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Daftar vendor ponsel yang menyiapkan prosesornya sendiri sepertinya akan bertambah panjang. Rumor menyebutkan bahwa Google saat ini sedang mengembangkan chipset khusus untuk ponsel Pixel selanjutnya.

Rumor ini sebenarnya telah beredar dari minggu lalu tapi datang dari sumber yang tidak jelas. Kali ini informasi dari Axios sepertinya menguatkan rumor tersebut.

Dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (15/4/2020) Google dikabarkan telah melakukan progres yang signifikan terhadap pengembangan chipset tersebut. Mereka juga telah menerima prototipe dari prosesor yang diberi kode Whitechapel tersebut.

Axios melaporkan prosesor ini paling cepat akan digunakan pada tahun depan untuk ponsel Pixel selanjutnya. Artinya kemungkinan prosesor ini akan mentenagai Pixel 6 yang meluncur pada tahun 2021.

Tidak hanya untuk ponsel, prosesor ini juga ditargetkan untuk menjadi otak dari laptop Chromebook buatan Google.

Prosesor tersebut diciptakan Google bersama Samsung dan menggunakan fabrikasi 5-nanometer. Tidak ada spesifikasi lengkap lainnya tapi prosesor ini akan menggunakan platform 8-core ARM.

Seperti diketahui, Samsung mengembangkan chipset Exynos untuk digunakan di ponselnya sendiri. Mereka juga pernah membantu Apple untuk memproduksi chipset seri-A yang digunakan iPhone.

Selain tugas processing dan komputasi pada umumnya, Whitechapel juga dikembangkan untuk mendukung kecerdasan buatan dan fungsi lainnya yang terkait dengan machine learning. Prosesor ini juga akan meningkatkan fungsi Google Assistant.

Sejak Pixel generasi pertama, Google selalu menggunakan prosesor dari Qualcomm. Tapi mereka mulai menggunakan chip khusus untuk mendukung beberapa fungsi seperti Pixel Visual Core yang digunakan di Pixel 4 untuk mendukung pemrosesan foto.

Jika rumor ini menjadi kenyataan, Google akan mengikuti jejak beberapa raksasa ponsel lainnya yang mengembangkan chipset-nya sendiri. Seperti Apple dengan prosesor seri-A, Samsung yang mengembangkan prosesor Exynos dan Huawei dengan prosesor Kirin.



Simak Video "Google Masih Pikir-pikir Dulu Jual Ponsel Pixel ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)