Pengguna Apple Nanti Bisa Gunakan Perangkat Tanpa Sentuh Layar

WWDC 2020

Pengguna Apple Nanti Bisa Gunakan Perangkat Tanpa Sentuh Layar

Josina - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 15:08 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Pengguna Nantinya Bisa Gunakan Perangkat Apple Tanpa Sentuh Layar. (Foto: Jason Lee/Reuters)
Jakarta -

Apple sedang memperbarui Vision Framework di iOS 14 dan macOS Big Sur untuk memungkinkan pengembang dapat mendeteksi pose atau gerakan tubuh dan tangan dalam aplikasi mereka.

Fungsionalitas baru yang akan debut di iOS 14 dan macOS Big Sur nanti pada tahun 2020 telah dirinci dalam acara WWDC 2020 rabu kemarin.

Sperti yang diumumkan lewat video tersebut, pembaruan Vision Framework ini akan memungkinkan aplikasi untuk menganalis gerakan, gerakan atau pose tertentu dari tubuh atau tangan manusia.

Dilansir detikINET dari Apple Insider Apple memberikan serangkaian contoh bagaimana pengembang dapat memanfaatkan kemampuan tersebut salah satunya seperti aplikasi kebugaran yang dapat secara otomatis melacak latihan yang dilakukan pengguna.

Aplikasi pengeditan media yang dapat menemukan foto atau kelip video berdasarkan pose di dalamnya atau aplikasi keselamatan yang dapat membantu melatih karyawan tentang postur ergonomis yang benar.

Aplikasi deteksi gerakan tangan juga dapat membuka lebih banyak peluang bagi pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga.

Brett Keating Manager Computer Vision Framework memamerkan kemampuannya engan aplikasi proof-of-concept yang memungkinkan pengguna untuk menggambar di aplikasi iPhone hanya dengan menggunakan jari tangan menyentuh layar.

Perusahaan mencatat bahwa Vision dapat mendeteksi beberapa tangan tubuh dalam sebuah frame, tetapi mungkin sistem akan mengalami masalah jika orang tersebut mengenakan sarung tangan atau pakaian seperti jubah, dan juga postur tertentu seperti orang membungkuk atau menghadap ke bawah.

Pada tahun 2019, Apple memperbarui Vision Framework untuk menggunakan pembelajaran mesin untuk menemukan kucing dan anjing dalam gambar dan Video.

Sementara ARKit Apple menawarkan kemampuan analitik yang serupa, namun fitur ini terbatas pada sesi augmented reality yang menggunakan kamera menghadap ke belakang. Namun, pembaruan Vision kali ini dapat berpotensi digunakan di semua jenis aplikasi.

Apple telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pengembangan pembelajaran mesin dan sistem visi komputer di seluruh platformnya.

Sensor iPad Pro LiDAR yang baru yang berpotensi ditambahkan ke "iPhone 12" sangat meningkatkan penangkapan gerakan. Mode Potret pada iPhone SE 2020 juga hanya mengandalkan pembelajaran mesin untuk memisahkan subjek foto dari latar depan mereka.



Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)