Sederet Fitur Baru iPadOS 14, Semenarik iOS 14

WWDC 2020

Sederet Fitur Baru iPadOS 14, Semenarik iOS 14

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 14:16 WIB
iPadOS 14
Sederet Fitur Baru iPaOS 14, Semenarik iOS 14 (Foto: Apple)
Jakarta -

Sesi keynote perhelatan Worldwide Developer Conveference (WWDC) 2020 turut dimeriahkan kehadiran iPadOS 14. Sederet fitur baru yang dibawa tak kalah menarik dari iOS 14.

Sistem operasi untuk iPad ini membawa widget yang sama dengan iOS 14. Sistem ini memberikan sekilas informasi ketika mengakses home.

Apple memberikan perubahan tampilan pada aplikasi Photos sehingga memaksimalkan menjelajahi koleksi foto.

Mengatur foto jadi kian mudah dengan adanya Sidebar. Pengguna dijanjikan kemudahan drag dan drop untuk memindahkan foto.

Sidebar di iPadOS 14 Foto: Apple

Menariknya Sidebar ini dibawa Apple ke sejumlah aplikasinya, salah satunya Music. Lewat Sidebar, pengguna bisa mengakses beragam menu.

Saat memutar musik, Apple menampilkan konten lebih kaya. Tidak hanya album art, ditampilkan lirik dan pengontrolan dalam satu layar.

iPadOS menambahkan streamline toolbar dengan menu drop-down untuk penyusunan file. Layaknya iOS, Siri dibuat compact.

Hanya saja posisinya berada di sudut kanan bawah. Sehingga lebih mudah dijangkau dan membantu menemukan jawaban dari seluruh internet, serta dapat mengirim pesan audio.

Tampilan telepon di iPadOS 14Tampilan telepon di iPadOS 14 Foto: undefined

Apple turut menyederhanakan tampilan telepon. Tidak lagi menampilkan layar penuh, kini hanya pop-up kecil sehingga tidak menghalangi aplikasi yang tengah dibuka.

Hal yang sama dilakukan pada Search. Tidak lagi full screen, kini dibuat compact mirip Spotlight di Mac.

Apple pun menghadirkan Universal Search yang memantau pencarian semua konten yang ada di dalam iPad, mulai dari foto, kontak, email hingga favorit web.

Universal Search. Foto: undefined

Tidak kalah pentingnya, Apple meningkatkan kemampuan Pencil. Pengguna kini dapat memadukan tulisan tangan dan gambar sehingga dapat menuangkan seluruh ide dengan cara terbaik.

Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino ini memperkenalkan Scribble yang mampu mengubah tulisan tangan menjadi teks. Saat ini baru mendukung bahasa Inggris dan China.

Scribble Foto: Apple

iPadOS 14 dijadwalkan akan dirilis September mendatang. Bila tidak sabar menggunakannya, bisa menunggu Public Beta yang dirilis Juli mendatang.



Simak Video "Yang Terbaru dari iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)