Baterai HP Jenis Baru Bisa Tahan Hingga Lima Hari

Baterai HP Jenis Baru Bisa Tahan Hingga Lima Hari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 13 Jan 2020 19:10 WIB
Baterai Jenis Baru Bisa Tenagai Ponsel Hingga Lima Hari (Foto: Internet)
Jakarta - Ponsel saat ini mungkin semakin canggih, tapi teknologi baterai yang digunakan masih begitu-begitu saja. Tidak peduli secanggih apa sistem operasi dan hardware lainnya kalian pasti masih harus mengisi ulang baterai ponsel minimal sehari sekali.

Tapi jangan khawatir, peneliti dari Monash University, Australia mungkin sudah menemukan solusinya. Dilansir detikINET dari Fast Company, Senin (13/1/2020) peneliti berhasil menemukan baterai lithium-sulfur (Li-S) yang bisa mentenagai ponsel hingga lima hari berturut-turut dalam sekali pengisian.



Saat ini, hampir semua ponsel pintar yang ada di pasaran menggunakan baterai lithium-ion. Walau bisa diisi ulang dengan mudah, baterai jenis ini hanya bisa menyimpan jumlah energi yang terbatas.

Para peneliti menemukan bahwa baterai lithium-sulfur bisa menyimpan tenaga dengan kapasitas lebih besar. Selain itu, sulfur juga memungkinkan kapasitas pengisian yang lebih besar dan komponen pembuatan baterai ini lebih murah dibanding komponen yang digunakan di baterai lithium-ion.

Tapi, hingga saat ini baterai lithium-sulfur memiliki beberapa masalah. Salah satunya adalah performa baterai yang terus menurun seiring pengisian baterai yang berulang-ulang.

Tapi, peneliti dari Monash University berhasil mengembangkan baterai tanpa masalah tersebut. Baterai lithium-sulfur ciptaan mereka bisa mempertahankan level efisiensi hingga 99% walau telah diisi ulang hingga 200 kali.



Saat ini para peneliti sedang dalam proses untuk komersialisasi teknologi baterai tersebut. Beberapa pabrik baterai lithium di China dan Eropa mengaku sudah tertarik untuk mengembangkan dan memproduksi bateri lithium-sulfur ini.


Baterai HP Jenis Baru Bisa Tahan Hingga Lima Hari


Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)