Apple Disebut Garap iPhone Khusus untuk Pasar China

Apple Disebut Garap iPhone Khusus untuk Pasar China

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Senin, 01 Jul 2019 18:37 WIB
iPhone XS Max. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Menurunnya pamor Apple di China, ditambah persaingan yang ketat dengan vendor lokal seperti Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi, membuat perusahaan pimpinan Tim Cook itu dilaporkan tengah menggarap versi khusus dari iPhone untuk menggempur pasar Negeri Tirai Bambu. Lalu, apa yang akan membuatnya berbeda dengan iPhone versi global?

Dalam laporan yang detikINET kutip dari Gizmochina, Senin (1/7/2019), salah satu perbedaannya terletak pada ketersediaan fitur. Apple disebut akan mengurangi sejumlah kemampuan di dalam iPhone yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan konsumen China.




Salah satu yang disebut adalah Face ID. Maka dari itu, fitur tersebut akan dihapus di iPhone generasi berikut di China, dengan Touch ID bakal dikedepankan.

Selain itu, harga sepertinya juga akan menjadi pembeda berikutnya. Merujuk data dari China Xintong Institute, rataan harga ponsel di China tumbuh 16,8% pada 2018. Meski begitu, pertumbuhan di segmen smartphone dengan harga di atas 4.000 yuan lebih lambat, hanya menyentuh 13%.




Fenomena ini kemungkinan besar bakal dipertimbangkan oleh Apple mengingat iPhone XS di China dibanderol di kisaran 6.000 - 10.000 yuan. Padahal, ia sejatinya sudah cukup bagus dengan mengusung fitur dual SIM yang cocok untuk pasar Asia secara keseluruhan.

Belum diketahui kapan kira-kira perusahaan yang baru saja ditinggal dedengkot desainnya, Jony Ive, itu akan meluncurkan iPhone khusus pasar China itu. Menarik untuk ditunggu bagaimana iPhone yang bisa jadi tanpa fitur-fitur premium itu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya yang tak kalah garang.




Simak Video "Tertunda, iPhone 12 Belum Akan Dijual September 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/krs)