Jumat, 24 Mei 2019 09:02 WIB

Huawei Gandeng Aptoide Buat Gantikan Play Store?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Google baru saja memutuskan untuk membatasi akses Huawei terhadap sistem operasi Android. Salah satu dampaknya Huawei akan kehilangan akses terhadap aplikasi buatan Google termasuk Play Store.

Perusahaan asal China ini sebelumnya diberitakan telah mengembangkan layanan alternatif dari Play Store yang disebut App Gallery. Aplikasi ini telah hadir di beberapa smartphone Huawei dan Honor, tapi sepertinya Huawei masih membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk mendongkrak katalog aplikasinya.


Dilansir detikINET dari Phone Arena, Jumat (24/5/2019) Huawei dikabarkan sedang berdiskusi dengan app store pihak ketiga Aptoide. Aptoide memiliki markas di Portugal sehingga Huawei tetap bisa berbisnis dengan mereka.

Executive Director Aptoide Paulo Trezentos mengatakan bahwa sebelumnya ia dan timnya pernah beberapa kali berdiskusi dengan Huawei. Setelah berita tentang kebijakan baru Google tersebut, Aptoide pun langsung menghubungi Huawei kembali untuk membicarakan potensi kemitraan.

Video: Donald Trump Kasih Kelonggaran untuk Huawei

[Gambas:Video 20detik]



Trezentos pun melihat perkembangan terakhir sebagai kesempatan untuk bermitra dengan Huawei. Sebelumnya mereka telah bermitra dengan vendor smartphone China lainnya seperti Vivo, Oppo dan Xiaomi.

Saat ini Aptoide telah memiliki lebih dari 900.000 aplikasi di app store mereka dengan jumlah pengguna mencapai 200 juta. Jumlah aplikasi ini tentu bisa mendongkrak katalog App Gallery yang terbilang relatif kecil.


Tapi Aptoide bukan merupakan marketplace aplikasi yang resmi, yang artinya aplikasi yang ada di platform miliknya tidak diunggah oleh pengembangnya langsung.

Jika kedua perusahaan mencapai kesepakatan, tidak diketahui bentuk kemitraan seperti apa yang akan diterapkan. Trezentos mengatakan salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan pre-install aplikasi Aptoide di semua smartphone Huawei yang akan rilis.

Selain itu, Huawei juga bisa mengintegrasikan semua konten yang dimiliki Aptoide ke dalam katalog App Gallery. Tapi, Trezentos menegaskan bahwa perusahaannya tidak tertarik untuk bergabung atau diakusisi oleh Huawei.

(vim/fyk)