Senin, 20 Mei 2019 19:29 WIB

Tanda-tanda Akhir Era Ponsel Berponi?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sejumlah smartphone yang rilis pekan lalu hadir tanpa kehadiran notch atau poni, yang nge-tren sejak iPhone X. Apakah ini pertanda dari berakhirnya era ponsel berponi?

Rilis pada November 2017, iPhone X menjadi ponsel yang mempopulerkan keberadaan notch alias poni di bagian atas layar smartphone. Setelah itu, ponsel-ponsel berponi pun berseliweran di pasar.

Saatnya Mengucapkan: Selamat Tinggal Ponsel Poni?iPhone X. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)

Setelah notch bagaikan jadi indikator salah satu bentuk ponsel kekinian, wujud poni itu pun lantas jadi bermacam-macam. Yang paling lazim ditemui saat ini adalah bentuk waterdrop alias tetesan air nan mungil.

Pun demikian, belakangan ini telah banyak bermunculan ponsel-ponsel tak berponi. Kebutuhan notch, salah satunya sebagai tempat kamera depan dalam upaya meminimalisir bezel, di antaranya telah disiasati dengan "layar bolong" maupun beragam skema kamera (pop-up, rotasi, dan lainnya).

Pekan lalu sejumlah ponsel tak berponi pun sudah dirilis. Sebut saja OnePlus 7 Pro dan Realme X yang punya kamera pop-up. Setelah itu menyusul pula Asus Zenfone 6 yang memiliki kamera putar.

Saatnya Mengucapkan: Selamat Tinggal Ponsel Poni?Realme X. (Foto: Devi Setya/detikINET)

Google juga merilis Pixel 3a dan 3a XL yang tidak disertai poni, walaupun hal itu berimbas pada kehadiran bezel yang terlihat lebih tebal, secara khusus di bagian atas.

Dengan semakin populernya skema kamera pop-up, tingkat adopsinya boleh jadi juga bakal kian banyak. Belum lagi ditambah dengan teknologi dan siasat lain untuk menyiasati poni -- seraya menjaga layar tetap lapang.

Itu semua, pada prosesnya, juga bisa menggerus populasi ponsel berponi saat ini. Boleh jadi era ponsel berponi di smartphone zaman now sudah mulai mendekati akhir.

Saatnya Mengucapkan: Selamat Tinggal Ponsel Poni?Google Pixel 3a XL. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)



(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed