Kamis, 02 Mei 2019 20:47 WIB

Asus Mau Fokus di Ultrabook Tahun Ini

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Laptop Asus. Foto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi Laptop Asus. Foto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi
Jakarta - Berdasarkan dari dari GFK, pada Kuartal I 2019, di Indonesia, Asus mencatatkan market share pasar laptop secara keseluruhan sebesar 40,8%. Angka tersebut turun tipis dari periode yang sama tahun lalu yakni 40,6%.

Meski demikian, pertumbuhan tampak pada segmen laptop ultrabook. Vendor asal Taiwan ini membukukan pangsa pasar sebesar 27% pada Kuartal I 2019 di Tanah Air. Sedangkan pada Kuartal I 2018, pencapaiannya hanya menyentuh level 24,7%.

"Meluasnya penetrasi laptop ultrathin Asus membuktikan bahwa produk-produk yang diluncurkan di Indonesia mendapatkan sambutan yang sangat positif dari sisi pengguna," ujar Jimmy Lin, Country Manager Asus Indonesia, dalam keterangan resminya.



Melanjutkan ucapan Lin, Head of PR and e-Marketing Asus Indonesia, Muhammad Firman, mengatakan bahwa pihaknya memang sudah fokus di seri ZenBook yang notabene tergolong ultrabook. Hal ini telah dilakukan sejak akhir 2017.

"Tiap tahun kita luncurkan banyak seri zenbook. Dengan kita memaksimalkan exposure, memaksimalkan kampanye-kampanye kita untuk seri ZenBook, itu yang bikin penetrasi ZenBook, market acceptance-nya semakin bagus," ujarnya saat ditemui pada peluncuran ZenBook Pro 14 UX480.

Video: Apa Saja yang Bisa Dilakukan ScreenPad Andalan Asus ZenBook Pro 14?

[Gambas:Video 20detik]



Lebih lanjut, Firman mengatakan bahwa lini laptop mainstream Asus, yakni VivoBook, juga akan diperbarui agar lebih masuk ke laptop ultrabook yang ringkas. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan seri VivoBook dengan dimensi yang lebih tipis.

"Harganya tentu tetap ada jarak antara ZenBook dengan VivoBook, karena memang segmentasinya berbeda. Nah si VivoBook walaupun dia didesain lebih tipis, tetapi dari sisi material, dari sisi fitur, fungsi, dia mungkin gak akan selengkap si ZenBook," kata Firman.



Lantas, dengan strategi tersebut, apakah Asus sudah punya target untuk menjadi nomor satu di sektor ultrabook di Indonesia? Sayangnya, Firman menyebut pihaknya belum bisa memprediksi kapan hal tersebut akan terjadi.

"Yang pasti strategi kita ke depan kita akan fokus kita akan hadirkan lebih banyak lagi seri ZenBook di Indonesia," pungkasnya (mon/fyk)