Kamis, 14 Des 2017 18:34 WIB

AMD Klaim Produknya Siap Jadi Penambang Bitcoin

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Amd Ilustrasi. Foto: Amd
Jakarta - Produsen chip AMD tak menampik penggunaan produk besutannya yang kerap dimanfaatkan sebagai penambang cryptocurrency atau mata uang digital semacam bitcoin.

Ryan Sim, Channel Sales Director Asean AMD, bahkan sesumbar kalau produk AMD memang siap untuk tujuan tersebut. Meski bukanlah sebagai fokus perusahaannya.

"Produk kami siap untuk (menambang) cryptocurrency, untuk blockchain. Tapi fokus kami bukan itu, meski kami siap," ujarnya.

Jumlah core yang banyak menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan penambang cryptocurrency, seperti Bitcoin. Ini sejalan dengan tren yang diprediksi AMD ke depan, yang menurutnya kebutuhan akan jumlah core akan semakin meningkat.

Tujuannya macam-macam, selain demi mengoptimalkan performa sistem operasi, kebutuhan aplikasi saat ini yang butuh komputasi multicore juga semakin meningkat. Termasuk menjawab kebutuhan untuk menambang cryptocurrency tadi.

"Tren ke depan adalah makin banyak core atau thread. Demi memenuhi kebutuhan aplikasi dan sistem operasi saat ini. Untuk render, atau multitasking yang membutuhkan semakin banyak core," jelas Ryan.

AMD sendiri saat ini memiliki seri Ryzen Threadripper yang menyodorkan jumlah core fisik hingga 16 dalam satu prosesor. Tapi angka itu bakal meningkat hingga dua kalinya ketika dikenali oleh sistem, karena secara total varian tertinggi Ryzen Threadripper tersebut akan dianggap memiliki 32 thread/core. (yud/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed