Senin, 26 Apr 2010 16:42 WIB

Sony Ucapkan Sayonara pada Disket

- detikInet
Tokyo - Perangkat disket yang dulu sangat populer sebagai media penyimpanan sudah mendekati ajalnya. Sony yang pernah jadi produsen disket besar dunia, kini memutuskan untuk menghentikan penjualan disket.

Setelah menghentikan distribusi disket 3,5 Inch di berbagai belahan dunia, Sony tidak akan menjual lagi perangkat penyimpanan itu di negaranya, Jepang. Seluruh proses produksi bakal dihentikan awal tahun 2011.

Dikutip detikINET dari TGdaily, Senin (26/4/2010), Sony termasuk perusahaan yang membantu kelahiran disket pada tahun 1981 dan mulai memasarkannya tahun 1983. Di masa jayanya tahun 2000, Sony sempat mengapalkan sampai 47 juta unit disket.

Namun kedatangan perangkat penyimpanan baru seperti USB drive atau CD secara perlahan membunuh disket. Tak mengherankan, perangkat baru tersebut memiliki kapasitas jauh lebih besar dan harganya semakin murah.

Meski masih ada yang memproduksi dan memakainya, disket kemungkinan akan segera jadi barang antik. Sony pun mengakhiri produksi disket, sama seperti berbagai perusahaan besar lain yang tidak lagi menjualnya. Sayonara, disket. (fyk/wsh)