FinanSiap, Langkah GoTo Perkuat Literasi Keuangan di Indonesia

FinanSiap, Langkah GoTo Perkuat Literasi Keuangan di Indonesia

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

FinanSiap, Langkah GoTo Perkuat Literasi Keuangan di Indonesia

Atta Kharisma - detikInet
Minggu, 15 Jan 2023 11:35 WIB
GoTo Financial
Foto: GoTo Financial
Jakarta -

Di tengah kondisi ekonomi makro yang kian dinamis, pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang baik menjadi sangat penting. Sayangnya, hal ini masih belum terwujud di Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan tingkat inklusi keuangan di Indonesia sudah mencapai lebih dari 76%. Namun, hal tersebut tidak diiringi oleh literasi keuangan yang masih berada di angka 38%. Selisih tersebut menunjukkan pentingnya edukasi mengenai literasi keuangan di tengah masyarakat, terutama di tengah pesatnya perkembangan keuangan digital saat ini.

Melihat kondisi tersebut, PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo) melalui lini usaha GoTo Financial berkolaborasi dengan OJK untuk menghadirkan rangkaian program edukasi melalui program FinanSiap guna membantu mendongkrak literasi keuangan masyarakat. Sebab, GoTo percaya dengan literasi keuangan yang baik, masyarakat dapat membangun ketahanan finansial, terutama di tengah tingginya inflasi saat ini.

"FinanSiap hadir sejak 2021 untuk mendukung misi GoTo Financial dalam membuka akses dan peluang untuk keuangan yang inklusif, melalui program edukasi yang relevan dan terkini untuk UMKM dan masyarakat umum. Melalui FinanSiap, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan dengan lebih optimal dan aman," ungkap Group Head Compliance GoTo Financial Budi Gandasoebrata dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan FinanSiap merupakan kerja sama lanjutan antara GoTo dan OJK dalam mengakselerasi inklusi keuangan dan digitalisasi masyarakat umum dan UMKM. Hal ini dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

GoTo FinancialFoto: GoTo Financial

Senada, CEO dan Financial Trainer Lead QM Financial Ligwina Hananto menuturkan literasi keuangan dan edukasi finansial dapat membantu masyarakat bertahan menghadapi kondisi ekonomi apapun.

"Terlebih saat ini berbagai platform keuangan digital dapat memudahkan kita dalam mengelola keuangan. Dalam kondisi ekonomi apapun, sebenarnya yang akan bertahan bukan soal siapa kelihatan banyak uang, tapi siapa yang keuangannya sehat dan kuat. Maka dari itu, program edukasi finansial seperti FinanSiap ini menjadi kian penting," ujarnya.

GoTo secara aktif terus menggandeng pemerintah dan regulator untuk melakukan berbagai kegiatan edukasi keuangan. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan antara lain publikasi E-Book Literasi Keuangan dengan OJK, Edukasi Literasi Keuangan Bincang Biznis bersama OJK Solo dan Pembukaan Kampus UMKM Bersama OJK.

GoTo Financial menghadirkan beragam solusi digital selain alat bayar GoPay, seperti fitur GoPay Diary, GoPay Tagihan, GoSure dan GoInvestasi yang diharapkan dapat mendorong masyarakat lebih cakap dalam mengelola keuangan. GoTo Financial juga menyediakan solusi untuk pelaku usaha seperti GoKasir, Selly, GoModal, Midtrans dan Moka yang memudahkan administrasi bisnis sekaligus membuka akses ke pasar yang lebih luas.

Rangkaian program dan solusi yang dihadirkan GoTo untuk memperkuat literasi keuangan dan menyejahterakan masyarakat itu membuat GoTo mendapat penghargaan Platform Digital Pendorong Ekonomi pada detikcom Year In Review 2022.

Download PDF report Year In Review 2022 di sini.



Simak Video "GoTo Bagikan Saham Gratis untuk Mitra Driver"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT